Tips Menghindari Dari Situs Phising (Penipuan)

Informasi Dari Wikipedia

Pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Dengan banyaknya kasus pengelabuan yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk pembuatan undang-undang, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis
.
Tanpa menunggu lama,kali ini seo dulu merangkum ciri-ciri situs phising yang seharusnya mudah kita jumpai setiap hari. Namun kebanyakan orang tidak menggubrisnya.
1. Alamat Website Dan Tampilan Serta Informasi

Sudah jelas sekali gambar diatas,alamat website asli dengan alamat website palsu.Serta tampilan dan informasi yang kurang jelas. Contohnya kita mau ketik blibli.com (asli),namun kita salah ketik atau tidak tahu ejaannya menjadi belibeli.com(palsu),dan ternyata bisa di akses.Dan kita pun bisa jadi korban,dan pihak blibli jadi korban. Dan pastikan anda melihat kode ssl asli dari website tersebut.

2. Konfirmasi Meminta Data Pribadi Anda Lewat Email

Kasus yang satu ini mungkin sangatlah sepele,namun sangatlah berbahaya. Situs website asli tidak pernah dan tidak akan meminta data pribadi anda,berupa user dan password. Dan yang di minta dari website asli,hanyalah informasi alamat tempat tinggal kita saja. Dan pastikan lagi,alamat email asli sebuah website.

3. Upayakan Mencarinya Lewat Google Pencarian

Jika kita ragu saat kita mau akses website asli,kita bisa dapatkan informasi lewat situs pencarian seperti google. Tidak dapat di pungkiri lagi,kebanyakan 90% kita salah ketik alamat situs aslinya,dan 5% kesalahan dari ejaan keyboard otomatis kita. Atau mungkin sebaliknya,kita dipermudahkan dan disarankan untuk mencari informasi yang benar dan tepat lewat google pencarian. Karena website asli akan tampil di halaman pertama dengan menggunakan iklan googlenya.

Semoga bermanfaat
close