Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul Di Laptop



Seo Dulu (tekno) - Laptop merupakan alternatif untuk mengerjakan sebuah project atau tugas yang fungsinya bisa di bawa kemana saja,akan tetapi kerjaan jadi tidak lebih efekti jika laptop tidak menampilkan logo wi-fi atau menangkap sinyal wifi. 


Berikut Cara Mengatasi Masalah Wifi Yang Tidak Muncul di Laptop


1. Periksa Tombol Wifi dan Mode Pesawat


Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan tombol wifi di laptopmu dalam posisi "On" atau "Aktif". Kadang-kadang kita secara tidak sengaja menekan tombol tersebut dan menyebabkan wifi terputus dan tidak menampilkan nama wi-fi di sekitar laptop anda. Selain itu, pastikan juga laptop anda tidak dalam mode pesawat yang mematikan semua konektivitas nirkabel. Periksa tombol mode pesawat dan pastikan dalam posisi "Off" atau "Nonaktif".


2. Restart Router Atau Laptop

Jika cara diatas gagal,cobalah untuk meresetart router atau laptop anda. Itu biasanya saat proses startup pada windows yang kadang tidak sempurna. Jika itu router di rumah anda atau di tempat anda kerja,anda bisa restart. Namun jika anda di tempat publik,seperti cafe atau mall sebaiknya tanya terlebih dahulu,apakah jaringan wi-finya sedang trouble atau tidak.

3. Melalui Command Prompt

Cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi selanjutnya melalui command prompt (CMD). Cara ini dilakukan untuk memperbaiki masalah yang ada pada sistem registrasi.Biasanya kondisi ini akan terlihat pada status internet berupa troubleshoot. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan langkah berikut:

  • Buka command prompt dengan cara tekan tombol Windows + R, lalu ketik cmd
  • Kemudian masukkan perintah reg delete HKCRCLSID{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f
  • Tekan enter lalu masukkan perintah baru, yaitu netcfg -v -u dni_dne
  • Selanjutnya tekan enter kembali dan tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah proses selesai, lakukan restart pada laptop Anda.

4. Update Driver

Driver yang usang atau tidak kompatibel juga dapat menyebabkan masalah wifi tidak muncul di laptop. Periksa situs web produsen laptop anda (Lenovo,HP,Acer,dll) ,serta cari versi terbaru driver wifi untuk model laptop anda. Unduh dan instal driver tersebut, kemudian restart laptop anda. Ini dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan driver wifi.



Post a Comment for "Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul Di Laptop"

close