Cara Mengecek Laptop Saat Jatuh Ke Lantai



Bukan hal yang menyenangkan saat Anda tengah asyik menggunakan laptop, tiba-tiba tidak sengaja kita menjatuhkannya dari pangkuan, apalagi bila laptop langsung meluncur menghantam lantai dengan keras. Rasa kesal dan panik pasti ada, karena tidak dapat melakukan aktifitas lagi beberapa minggu.
Laptop memang bukan lagi barang mahal seperti dulu,Nah, sebaiknya saat kecelakaan itu terjadi usahakan Anda setenang mungkin. Sebab, tidak selalu laptop yang jatuh mengalami kerusakan parah.
Kali ini seo dulu,akan memberikan sebuah cara mengecek laptop yang mungkin belum pernah kamu lakukan.


1. Cek kerusakan luar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat kondisi laptop,apakah ada kerusakan berupa goresan pada bodi atau layar laptop?.  Jika layar mengalami keretakan, secara otomatis Anda harus menggantinya.

Nah, bila yang terlihat mengalami kerusakan adalah bagian port USB, kabel monitor atau lainnya. Hal ini sering terjadi bila aksesoris seperti modem masih terpasang saat laptop jatuh. Celakanya hal itu adalah yang terburuk.

Sebab, port pada laptop tersambung dengan motherboard. Jadi apabila salah satu port USB rusak, pilihannya hanya ada dua, mengganti motherboard atau membiarkan port itu rusak begitu saja. Ingat mengganti motherboard bukanlah sesuatu yang murah!

2. Cek Kondisi Power Laptop dan Baterai


Kita memang tidak tahu kapan laptop akan terjatuh, akan tetapi perlu diketahui bila laptop yang jatuh dalam keadaan hidup biasanya akan mengalami kerusakan lebih parah ketimbang laptop yang tengah mati.
Apabila laptop tiba-tiba mati setelah terjatuh dalam kondisi hidup, mungkin bisa dipastikan motherboard-nya mengalami kerusakan.

Jika saat Anda hidupkan lagi laptop mengeluarkan suara aneh mirip suara ketukan, sebaiknya Anda coba matikan dan hidupkan kembali laptop. Hal itu biasanya menjadi tanda RAM rusak akibat benturan. Bila tetap tidak berhasil, segera bawa laptop ke tempat servis untuk menggantikan ramnya.Dan satu lagi,biasanya laptop jatuh baterai terlepar jauh,ceklah juga kondisi baterai.

3.Cek layar dan Tuas Bagian laptop

Meskipun layar tidak mengalami masalah bila dilihat dari luar, terdapat kemungkinan bila masalah terletak pada deretan pikselnya. Oleh karena itu, setelah laptop jatuh segera hidupkan dan lihat secara teliti apakah muncul bintik hitam, garis horizontal, atau retakan yang sebelumnya tidak ada.

Ingat, keberadaan bintik hitam kecil atau yang biasa disebut death pixel sekecil apapun bisa berubah menjadi besar. Bila tanda-tanda masalah di atas muncul, sebaiknya segera ganti layar LCD laptop Anda.
Dan Satu lagi,lihatlah bagian tuas,Antara pembukan dan penutup rusak apa tidak. Biasanya jika laptop jatuh,yang paling parah adalah tuas,bisa mungkin kamu harus ganti baru.

4. Cek System Operasi 

Apakah saat menghidupkan kembali laptop yang terjatuh muncul suara gesekan aneh pada laptop Atau saat booting keluar layar biru dan bertuliskan eroor?. Bila sumber suara itu bukan kipas laptop, maka kemungkinan hard disk Anda rusak. Pada kerusakan ringan, masalah harddisk terlihat bila laptop sering 'hang' atau tidak bisa melewati booting awal sama sekali.

Hardisk adalah system paling sensitive,data yang tersimpan bisa mungkin hilang karena benturan yang keras.

Dan Jika terjadi kerusakan para system operasi pada windows,linux,atau apple pada laptopmu adalah Harus menginstal ulang system operasi tersebut.

5. Backup Data


Bila yang terjadi adalah laptop bisa menyala seperti biasa namun sering hang, ada kemungkinan hard disk terkena bad sector. Sebelum terlambat, segera simpan data (backup) Anda di tempat lain, karena hard disk tersebut biasanya akan rusak total.

Tentu saja hal ini Anda kehilangan data terpenting, tetapi memang tidak ada cara lain. Memang jauh lebih baik kita mempunyai cadangan data sebelum hal-hal seperti ini terjadi pada laptop kesayangan.

Saran seo dulu adalah,backup data jangan di flashdisk satu saja,jika mempunyai 2 flashdisk harus di isi semuanya,atau burning data di DVD atau CD dan jika data kita terlalu banyak sebaiknya  backup terlebih dahulu di sebuah situs.

Biasanya data burning dari DVD atau CD itu lama,sebaiknya kita pakai modem dan langsung upload di data backup online.

Situs backup populer adalah Avira Backup,Dropbox,SugarSync,IBackup,IDrive,dan email,atau situs could backup lainnya.

Selamat mencoba tips saya ya,jangan kuatir.
close