Mengenal Apa Itu Joomla

 

Joomla Merupakan salah satu aplikasi web yang berbasis CMS (Content Management Sistem). Dan
dimana penggunaannya bisa menggunakan secara bebas,karena cms ini bersifat terbuka
(Open Source). 

Joomla dikembangkan dengan team yang solid, “The Joomla Project Team” adalah nama kelompoknya. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 17 September 2005 dengan versi awal 1.0.0 dan saat ini versi 1.0 sudah ditinggalkan dan tidak di support oleh pengembang.

Bagi anda yang ingin belajar Joomla, pas sekali anda membaca artikel ini. Karena menambah wawasan
anda dibidang web. Penjelasan/sejarah Singkat Tentang joomla 

Joomla Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili "jumla" yang mengandung arti"kebersamaan".

Pemimpin Tim saat itu Andrew Eddie yang dikenal dengan sebutan "MasterChief" menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com. Tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna, pengembang,desainer web dan komunitas lain pada umumnya.

Seiring dengan perkembangan dibidang web development, pada tahun 2007 Joomla kembali menggebrak dunia internet dengan versi terbarunya 1.5.0 mulai dikembangkan dan diluncurkan pada tahun 2008, dimana pada versi terbaru memiliki beberapa persamaan dalam pengoperasian dan perbedaan yang cukup signifikan dalam kegunaan. 

Dan pada pada tahun 2011 terus berkembang,akhirnya diluncurkan versi 1.6 dan versi 1.7, tetapi kedua versi tersebut dikembangkan tidak berlangsung lama, karena di tahun 2012 diluncurkan Joomla versi 2.5 sebagai pelengkap dari versi sebelumnya, yaitu 1.6 dan 1.7. 
Saat ini Joomla telah mengeluarkan versi yang paling terbaru, yaitu versi 3 pada bulan September
2012, tetapi yang versi 2.5 pun masih di support oleh pengembang.

 
Pengenalan Joomla Extension 

Seperti CMS lainnya, aplikasi web Joomla! juga memiliki script/code yang berfungsi untuk menambahkan fitur-fitur website yang dinamakan Joomla Extension. Joomla Extension melingkupi berbagai hal yang dapat digunakan sebagai fitur pendukung untuk website, seperti ecommerce,gallery, multimedia, social networking,
languages, directory dan sebagainya. Serta berbeda dengan WordPress,termasuk template/themes maupun Joomla Extension(plugin).

 
 Keunggulan Menggunakan Joomla !
 
Sebagai Aplikasi Web,Sangat mudah dan cepat untuk di instal, baik secara offline maupun online.
Proses pembuatan website dan pengelolaan lebih mudah.Aplikasi website sudah responsive, sehingga
dapat diakses melalui mobile.

Template bisa di ganti dengan mudah dan tersedia template gratis ataupun berbayar. Fitur website bisa ditambahkan dengan komponen dan plugin. Penempatan module sebagai widget bisa ditempatkan dimana saja. Akses pengguna dan pengelola websit dapat diatur dengan sangat mudah.
 
Website dapat disetting menjadi maintenance,pada saat web sedang dalam perbaikan desain atau menambah fitur. Selain itu tingkat keamanan (security) lebih terjamin dan lebih baik. Content dapat di kelola dengan mudah dan dapat ditampilkan sesuai keinginan.
 
 Sistem internal link building sangat baik. Sistem website pada halaman dapat diatur sesuka hati pilih untuk dimunculkan atau tidak, dan masih banyak lagi.

 
 Joomla . org 

Joomla.org merupakan situs resmi milik Tim Joomla yang digunakan untuk pelayanan pengguna dan pengembang (developer) aplikasi Joomla!, dimana pada situs ini semua orang dapat mengunduh (download) aplikasi mentah Joomla, template, komponen dan plugin berbagai pengguna aplikasi ini. Selain itu situs ini juga menyajikan layanan pendukung (support) untuk para user, seperti forum, dokumentasi dan
sebagainya.

Dan satu lagi,joomla juga pernah mendapatkan penghargaan cms yang terbaik,karena mudah di pelajari.

Terima kasih telah berkunjung
close