Tips Membeli Laptop Second yang Benar



Seo Dulu - Saat anda sedang banyak tugas sekolah atau kuliah,namun budget untuk membeli sebuah laptop baru tidak memungkinkan. Pasti akan membeli sebuah laptop yang second atau bekas,dan berharap masih bagus. Namun kadang kita sendiri sangat awam dengan kondisi laptop masih bagus atau tidak.

Akan tetapi tidak perlu khawatir,seodulu sudah merangkum beberapa Tips Membeli Laptop Second yang Benar


1. Cek Harga Pasar

Sebelum melakukan niatan untuk membeli sebuah laptop,alangkah baiknya cek harga pasaran. Baik itu harga baru ataupun harga bekas. Dan jangan tergiur dengan harga yang sangat tidak wajar,walaupun dengan iming-iming dari batam atau semacamnya.

2. Sesuaikan Kebutuhan

Sesuaikan kebutuhan kamu,lebih banyak untuk tugas atau ada selingan untuk bermain game ?. Seodulu lebih menyarankan dengan 

  • RAM 4 GB
  • Penyimpanan utama SSD (untuk sistem operasi)
  • Ekstra HDD 500 GB untuk menyimpan file penting (jika tidak ada uang lebih,sebaiknya SSD saja cukup. Yang penting lancar dan cepat mengerjakan tugas)
  • Prosesor Intel I3 generasi 4 atau 5 sudah cukup atau  prosesor AMD Ryzen 3
3. Cek Layar Dan LCD

Mengecek kondisi layar dan lcd sangatlah penting,apakah ada garis-garis. Dan jangan dari satu sisi untuk melihat lcd,lihatlah di berbagai posisi.

4. Cek Keyboard dan Trackpad (Mouse Pad)

Cek keyboard satu persatu,atau sobat seodulu juga bisa menggunakan aplikasi Keyboard Test Portable Di sini agar mempercepat sebelum deal untuk membeli,dan jangan lupa cek Mouse Pad (TrackPad)

5. Cek Koneksi Nirkabel (Wi-fi) Serta Slot Lan,Serta USB 

Cek juga kompenen penting ini,agar sewaktu-waktu kamu butuh untuk menggunakan wi-fi,lan ataupun USB untuk mengcopy file di flashdisk.

6. Cek Kondisi Baterai Dan Charger

Cek bar baterai pada layar laptop,serta baterai secara fisik apakah ada kendala baterai menggembung serta kondisi chargernya masih kondisi bagus atau rusak ?.

7. Cek Body Laptop

Selalu cek body laptop,apakah masih layak untuk di beli atau tidak.

8. Tanya Garansi dan Cek Kondisi Segel

Selalu tanyakan garansi sampai kapan,pada umumnya garansi yang di tawarkan oleh penjual atau toko sekitar 1-2 minggu saja,namun kamu bisa menawarkan untuk menambahkan waktu garansi yang agak lama. Selain itu juga cek kondisi segel juga

9. Jika Terpaksa Beli Secara Online Pilihlah Metode COD

Jika kamu memang terpaksa untuk membeli secara online,lebih diutamakan dengan layanan COD, seodulu mengajurkan mengguakan martketplace seperti Shopee,Tokopedia,Lazada. Jangan lewat media sosial seperti facebook,instagram. 

Post a Comment for "Tips Membeli Laptop Second yang Benar"

close