Dampak Negatif dan Positif Game Online pada Anak


 

Seo Dulu - Siapa yang tidak suka game,apalagi sekarang banyak sekali game bermunculan,mulai dari offline dan online. Mungkin anda sebagai orang tua harus bijak untuk mensikapi anak yang hobi main game online. 

Untuk sisi buruknya,semua orang tua pasti mengetahuinya :

1. Resiko Terhadap Kesehatan Mata 

Menatap layar Ponsel ataupun Komputer yang terlalu lama,dapat menyebabkan mata lelah dan menyebabkan mata menjadi minus. 

2. Gangguan Mental Dan Kecanduan

Untuk game online akan menjadi kecanduan,apa lagi anak kita sering kalah (lost streak) dalam bermain game dan frustasi. Terlebih game 5 versus 5 yang memungkinkan kerja sama tim,dan strategi agar memenangkan pertandingan.

3. Pola Tidur Terganggu

Kebanyakan anak yang sering bermain game,susah tidur atau kurang tidur,anda sebagai orang tua harus mensikapi hal ini,dikarekan anak bermain game untuk sebagai hiburan atau kita sebagai orang tua harus mengingatkan anak jadwalnya untuk tidur,agar tidak terlambat berangkat sekolah besok paginya.

4. Mengalami Kerugian Financial

Biasanya anak sering melakukan top-up untuk mendapatkan item atau skin tertentu di game online favoritnya,kita sebagai orang tua harus bisa mengontrol keuangan si anak.


Untuk Sisi Baiknya Game :

1. Menambah Pertemanan Dan Komunitas

Hampir semua pemain Game Pro Player,mereka memulainya lewat komunitas. Apabila anda sebagai orang tua,melihat potensi anak dalam bermain game sebaiknya ajak anak untuk menghadiri sebuah pameran atau komunitas game agar mereka termotivasi.

2. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing (Berkomunikasi Antar Negara)

 Semua orang tahu bahwa semua game berbahasa inggris,tak heran banyak para pemain game pro player internasional dan saling berkomunikasi langsung antar player game berbagai negara.

3. Melatih Ketangkasan Berfikir

Bermain game,tidak selamanya 5 versus 5. Banyak sekali game yang membutuhkan strategi dan ketangkasan berfikir anak.

4. Melatih Kesabaran

Game bisa melatih kesabaran,dengan tingkat kesulitan yang tinggi di setiap game itu sendiri

Post a Comment for "Dampak Negatif dan Positif Game Online pada Anak"

close