Apple : Data iCloud Bisa Diwariskan jika Pengguna Meninggal Dunia



Selama ini sistem iCloud tidak bisa diakses oleh sembarang orang,kecuali pemiliknya. Menyebabkan jika si pemilik iPhone meninggal,pihak keluarga tidak membuka data iCloud untuk mencari berkas atau file yang penting di dalamnya.

Namun  Apple telah memecahkan masalah kepemilikan data ini dengan program baru bernama Digital Legacy. Program ini diumumkan Apple di konferensi pengembang WWDC awal tahun 2021 ini. Update Digital Legacy ini akan hadir di iOS 15.2.


Mengutip dari situs The Verge, Kamis (11/11/2021), pemilik akun iCloud bisa menunjuk hingga 5 orang sebagai Legacy Contacts. Beberapa orang ini pun bisa mengakses data dan informasi pribadi yang disimpan di iCloud ketika si pemilik akun meninggal dunia.


Informasi yang bisa diakses oleh para pewaris adalah foto, dokumen, hingga ke informasi pembelian.


Legacy Contact merupakan bagian dari program Legacy Digital yang kini tersedia dalam versi beta public iOS 15.2 untuk iPhone. Fitur ini bakal bisa diakses secara luas ketika iOS 15.2 diluncurkan sepenuhnya

Untuk mengaktifkan Digital Legacy, Apple memerlukan bukti kematian dan kunci akses.


Namun, proses ini disederhanakan dibanding sebelumnya, di mana butuh perintah pengadilan untuk mengonfirmasi hak atas warisan. Sayangnya, tidak ada jaminan apakah si pewaris bisa mendapatkan akses ke data mendiang.


Situasi ini jadi hal rumit bagi Apple. Pasalnya, selama ini perusahaan selalu ketat untuk melindungi privasi pengguna.


Sehingga, orang tua atau pasangan yang berduka,kerap mencerca Apple karena tidak memberikan akses ke foto pasangan mereka yang telah tiada.


Sekadar informasi, Google dan Facebook sudah memiliki sistem untuk menetapkan akses akun ke orang lain. Sebelum Apple memikirkannya.

Bagaimana Cara Atur Legacy Contact?

- Langkah pertama pengguna harus memastikan iPhone mereka ssudah menjalankan sistem iOS 15.2


- Pada perangkat iOS, masuk ke Setting >> Nama pengguna >> Password & Security


- Pada Mac, masuk ke System Preference >> Apple ID >> Password & Security


- Pada bagian Legacy Contact, ikuti instruksi untuk menambahkan Legacy Contact. Jika pengguna memakai fitur Family Sharing, pengguna bisa memilih anggota keluarga dari daftar atau menambahkan seseorang memakai alamat e-mail atau nomor teleponnya


- Beritahu Legacy Contact dan bagikan kunci akses melalui Messages. Jika mereka menerima salinan kunci akses secara otomatis disimpan di pengaturan Apple ID mereka.


Jika mereka menolak, pengguna akan mendapatkan notifikasi. Kunci akses diperlukan untuk masuk ke akun pengguna ketika pemilik telah meninggal dunia.


Perlu diketahui, meski pengguna bisa menambahkan Legacy Contact yang tidak menggunakan iOS 15.2, mereka tidak akan dapat menyimpan kunci akses dalam pengaturan perangkat mereka. Sehingga perlu memberikannya dengan cara lain..

Post a Comment for "Apple : Data iCloud Bisa Diwariskan jika Pengguna Meninggal Dunia"

close