Cara Sukses Bisnis Kuliner Online



Apakah sobat seo dulu akan memulai bisnis kuliner?. Namun sobat seodulu harus melakukan stategi,agar bisnis kuliner bisa sukses. Mulailah dari memperbanyak jaringan pertemanan,mencari lokasi tempat jualan yang sangat strategis,hingga kualitas rasa yang tidak berubah,akan mendapatkan banyak pelanggan setia.

Akan tetapi di era modern saat ini,sebenarnya berjualan cuma mengandalkan lokasi yang strategis saja bagus. Akan tetapi jika ditambah promosi lewat media sosial,mungkin akan lebih baik. 

Ditambah lagi,kalau sobat seo dulu memiliki beberapa karyawan untuk digaji. Terobosan terbaik,mungkin anda harus mencoba layanan online juga.


Cara Sukses Bisnis Kuliner Online

1. Rasa Pada Makanan Tetap Konsisten Dan Tidak Berubah
Sebaik apapun sobat seodulu berpromosi dan serta menampilkan foto terbaik, semuanya akan dengan mudah terkalahkan jika rasa makanan tidak memuaskan konsumen. Jangan sampai rasa berubah,nanti akan berpengaruh terhadap rating bisnis kuliner anda di internet.

Sebab, makanan yang kurang memuaskan tentu tidak akan membuat pelanggan kembali lagi untuk membeli produk kamu. 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kepuasan rasa adalah, dengan memberikan tester kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu (jika sobat seodulu baru memulainya). 

Selalu dengarkan,serta terapkan saran-saran teman kamu berikan, sebelum kamu memutuskan untuk memasukkannya ke dalam daftar menu makanan terbaru ke internet.

Selain lezat, makanan juga harus memiliki cita rasa yang konsisten,buatlah tampilan makanan yang unik. Contoh menu bekal anak sekolah super hero,atau menu edisi khusus.
Seperti cotoh gambar di bawah ini :




Namun,banyak pelaku usaha yang justru menggunakan bahan baku murah atau mengurangi bumbu agar memangkas biaya pengeluaran,agar pendapatan naik. Justru akan mempengaruhi cita rasa masakan yang menjadi kurang lezat. 
2. Memanfaatkan Media Sosial
Cara sukses bisnis kuliner online  adalah dengan memanfaatkan media sosial. Tak dapat untuk disepelekan,bahwa media sosial saat ini. Merupakan salah satu media paling tepat dan efektif dalam melakukan promosi dan pemasaran produk apapun, termasuk kuliner. 

Selain penggunanya yang begitu luas, media sosial juga seringkali dijadikan sebagai wadah dalam berinteraksi antar masyarakat. Bahkan, saat ini pengguna media sosial aktif telah mencapai 42 persen dari total populasi dunia lho,dan mungkin tahun depan akan bertumbuh dengan cepat. 

Ditambah lagi dengan banyaknya platfrom media sosial yang ada saat ini untuk mempromosikannya, seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga Youtube,Tiktok, dan masih banyak lagi. Serta penggunaan media sosial pun tidak sangatlah sulit,serta ditambah menu seperti trafic,history,apa yang mereka sukai dan menu-menu lainnya untuk melihat performa penjualan kamu di internet.

Semakin sering intensitas penggunaan media sosial, maka akan semakin cepat pula bisnis kamu diketahui oleh banyak orang.

3. Mengajak Kerja Sama Dengan Selebgram dan Food Influencer

Agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui tentang bisnis kuliner yang tengah kamu jalani, kamu juga bisa mengajak selebgram atau food influencer sebagai salah satu cara sukses bisnis kuliner online yang efektif,sebagai brand abasador (tergantung kontrak dan perjanjian di awal)

Tujuannya, agar masyarakat bisa lebih percaya dengan produk yang kamu jual. Selain itu, orang juga akan cenderung membeli sesuatu jika idolanya yang mengiklankan produk kamu.

Tak hanya itu, para selebgram dan food influencer relatif lebih berpengalaman dalam menampilkan iklan makanan kamu,agar lebih menarik dan menggugah selera serta membuat orang penasaran dan membeli produk kamu. 

Kamu bisa mengirimkan makanan sampel makanan kepada para influencer yang sesuai target pasar dan meminta mereka untuk memberikan ulasan di akun media sosial mereka. 

Sebelum anda memutuskan kerja sama dengan para selebgram,sebaiknya konsultasi dengan orang terdekat atau pakar/konsultan iklan,serta mintalah price list,dan audien (interaksi dengan follower) yang di tawarkan para selebram.
Catatan Penting : Perjanjian Harga Iklan Dengan Para Selebgram Sangatlah Bervariasi

4. Tampilkan Foto yang Menarik




Salah satu cara sukses bisnis kuliner online dengan menggunakan media sosial ataupun layanan pesan antar yaitu dengan menampilkan foto yang menarik. 

Gunakan kamera terbaik yang anda miliki saat ini,background foto yang menarik,serta edit sedikit. kamu sudah bisa menghasilkan foto makanan yang menggugah selera. Gambar diatas contoh background yang baik,sobat seodulu bisa custom dengan background lainnya.

5. Kerjasama dengan Layanan Pesan Antar

Cara sukses bisnis kuliner online selanjutnya adalah dengan bekerjasama dan bergabung di layanan pesan antar online. 

Ketika melakukan promosi menggunakan media sosial, kamu juga bisa memasang link di akun bisnis kuliner kamu untuk mengarahkan para pelanggan dimana mereka bisa memesan produk kamu. 

Untuk saat ini, sudah terdapat dua layanan pesan antar terkenal di Indonesia yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan, yaitu GoFood dan GrabFood

Terhitung bahkan sudah mencapai jutaan masyarakat yang menggunakan aplikasi ini untuk membeli makanan, terutama di tengah pandemi seperti saat ini ketika orang masih membatasi diri untuk ke luar rumah.

Baca Juga :

Cara Daftar Menjadi Mitra GoFood dan GrabFood


6. Mengadakan Promo dan Menciptakan Menu Atau Inovasi Baru

Memang sepertinya tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sangat gemar dengan promo dan diskon, baik itu wanita maupun pria. 

Tak jarang,mereka rela antri panjang hanya demi mendapatkan harga promo. Oleh karena itu, rutinlah mengadakan promo dan diskon bisa menjadi salah satu cara sukses bisnis kuliner online yang cukup efektif. 

Kamu lakukan untuk promo, mulai dari buy 1 get 1, gratis ongkir, atau gratis suatu produk dengan minimum pembelanjaan dengan jumlah tertentu. 

Akan tetapi, kamu juga perlu melakukan perhitungan yang matang, agar hadirnya promo ini justru tidak membuat kamu rugi atau balik modal.



7 Tampilkan Review atau Testimoni Pelanggan

Review dan testimoni ini sangat penting untuk bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan lainnya yang belum pernah membeli, bisa dalam bentuk pujian maupun dalam bentuk kritikan. 

Terima kriktikan atau hujatan,serta analisa komplain-komplain tersebut agar meningkatkan kinerja bisnis kuliner yang anda geluti.

8. Ramah Terhadap Pengantar Makanan Online

Cara sukses bisnis kuliner online selanjutnya yaitu dengan selalu bersikap ramah, bukan hanya kepada pelanggan melainkan juga kepada para pengantar makanan online. 

Karena kedepannya,akan jauh lebih baik. Jika sobat seodulu sering berinteraksi dengan pengantar makanan. Sehingga, menjalin hubungan baik sangat diperlukan untuk mempermudah kamu dalam mengembangkan usaha.


9. Pilih lokasi yang Strategis dan tepat 

Lokasi strategis memiliki dampak positif . Tempat strategis bukan identik dengan ramai,percuma kalau tempat ramai tidak ada minat pembeli. 

Usahakan tempat dengan layanan publik lainnya,contoh : dekat dengan SPBU,dekat rumah sakit atau dekat minimarket dll.

10. Daftarkan bisnis Anda di google bisnis

Langkah ini sangat efektif,selain orang beli di online (shopeefood, grab food, go food). Pasti salah satu dari pelanggan penasaran dan ingin melakukan makan di tempat 

Post a Comment for "Cara Sukses Bisnis Kuliner Online"

close