8 Plugin WordPress Terbaik Yang Wajib Anda Install



Seo Dulu (blog) - Jika anda seorang blogger pemula yang ingin mencoba CMS Wordpress atau platform Wordpress dan tidak tahu plugin apa saja yang dibutuhkan,maka anda datang di artikel yang tepat. Karena kali ini seodulu sudah merangkum beberapa plugin yang direkomendasikan untuk blog anda dari seo hingga security.


1. Pakai Plugin Yoast atau RankMath Untuk SEO

Untuk kebutuhan seo dalam membangun sebuah blog wordpress,agar bisa ranking di beberapa search engine terutama Google,sangatlah penting. Seo dulu merekomendasikan Plugin Yoast atau RankMath dalam membangun judul artikel,meta tag,sitemap,redirect,brokenlink dan lain sebagainya.

Anda bisa memilihnya salah satu plugin diatas sesuai kebutuhan.

2. Plugin Wordfence Security Sebagai Security WordPress

Untuk blog dengan CMS atau platform Wordpress sangatlah rentan dengan aktivitas hacking,DDOS,dan penetrasi lainnya. Sangatlah aneh jika sebuah blog atau situs berita macam Tribunnews,kompas,detik data kebobol,maka dari itu mulai dari sekarang anda wajib menginstall plugin Plugin Wordfence Security Sebagai Security Wordpress anda.

3. WP Fastest Cache atau LiteSpeed Cache Untuk Kebutuhan Cache dan tidak membebani Server

Selanjutnya agar server kamu tetap ok,maka pakailah plugin WP Fastest Cache sebagai kebutuhan cache wordpress anda. Baca Juga :  Apa itu Cache dan Manfaat Cache Pada Blog Wordpress

Alternatif : LiteSpeed Cache (pilih salah satu plugin cache ya)

4. UpdraftPlus Untuk Backup Data Base Wordpress

Untuk kebutuhan backup,seodulu merekomendasikan plugin ini. Jika suatu saat blog atau website anda di bobol. Serta bisa di backup lewat google drive

Lho kok dibobol,terus apa gunanya saya install  Plugin Wordfence Security?

Seo dulu cerita sedikit,kebobolan dalam dunia internet sangat banyak sekali tak terkecuali e-commerce,website pemerintahan yang rawan sekali karena banya data rahasia disana. 

Lho,kan saya niatnya cuma buat blog yang berisi artikel dan informasi saja gan ? 

Untuk pencerahannya bisa baca artikel berikut : 

5. Smush – Lazy Load Images Atau Image optimization & Lazy Load by Optimole


Jika blog atau website kamu yang memungkinkan banyak gambar,seperti informasi,tutorial dan berita. Sangat dianjurkan untuk install plugin ini,kegunaan dari plugin ini adalah untuk mengkompress size pada gambar di setiap artikel,dan logo pada blog atau website kamu. Contohnya : Size yang semula 50KB,bisa di kompress menjadi 10 KB. 

Rekomendasi pakai jenis file : extension Webp,jangan jpg atau png 

Jadi tidak perlu repot-repot pakai tools,seperti ShareX,atau Tinypng

6. Inline Related Posts




Kegunaan dari Inline Related Posts adalah untuk membangun sebuah internal link pada blog atau website agar seo dan google lebih suka. ( Catatan : Untuk berjaga-jaga jika kamu memiliki themes wordpress yang tidak mempunyai fitur internal link,padahal anda sudah nyaman dengan themes tersebut) .

7. Plugin Akismet Anti-Spam

Kegunaan pada plugin ini adalah untuk menangkal komentar-komentar spam pada blog.

8. Hummingbird – Optimize Speed, Enable Cache, Minify CSS & Defer Critical JS

Kegunaan pada plugin ini adalah Compression – Blazing-fast HTML, JavaScript, and stylesheet (CSS) transfer. Yang menjadi faktor utama selain seo,dengan adanya Hummingbird – Optimize Speed, Enable Cache, Minify CSS & Defer Critical JS ini,blog anda akan lebih kencang.

Terima kasih telah berkunjung,semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar atau share.

Post a Comment for "8 Plugin WordPress Terbaik Yang Wajib Anda Install"

close