Tips Terhindar dari Denda Pinjaman PayLater Atau Pinjol



Seo Dulu (Tekno) - Perkembangan dunia fintech membuat kita semakin di mudahkan untuk bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi masalah muncul juga,seiring perkembangan teknologi financial (fintech). Mungkin sebagian kerabat dekat kita terlilit hutang oleh perusahaan fintech baik itu legal dan ilegal. Dan cukup banyak juga ya,teman atau kerabat kita kelilit hutang hingga kena black list oleh Bank Indonesia,melalui OJK.


Bagaimana sih caranya agar tidak membengkak tagihan kartu kredit,cicilan,atau paylater?


Tips Terhindar dari Denda Pinjaman PayLater Atau Pinjol


  • Batasi Limit Pinjaman Dana


Pastikan untuk meminjam dana sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih.

Jika ingin meminjam dana lebih untuk berjaga-jaga, pertimbangkan dengan penghasilan yang didapat per bulan. Pinjaman sebaiknya tidak lebih dari 30% pendapatan bersih Anda. Selain itu, jangan meminjam hanya untuk keperluan konsumtif yang hanya akan membebani tagihan di masa mendatang.


  • Pahami Kontrak Perjanjian Pinjaman Dana


Inilah pentingnya menjadi bijak sebagai nasabah. Anda harus mampu memahami seluk beluk perjanjian dalam kontrak.


Perhatikan setiap detail yang ada di kontrak tersebut, jangan sampai Anda hanya tergiur dengan tawaran awal tanpa tahu hak dan kewajiban. Kenapa pemahaman akan kontrak penting? Ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan segala kondisi yang akan terjadi, membuat skema pengembalian dana dengan lebih baik, dan dapat mengelola risiko yang bisa muncul nantinya.


  • Segera Lunasi Cicilan


Sebaiknya, Anda mempersiapkan dana untuk melunasi jauh-jauh hari. Dengan demikian, ketika memasuki waktu jatuh tempo pelunasan cicilan, Anda tidak kebingungan lagi.


Sisihkan pendapatan khusus untuk melunasi tagihan. Jangan menunda pembayaran, karena hal itu hanya akan menyulitkan Anda.


  • Perhatikan Tingkat Suku Bunga


Saat mengajukan pinjaman dana, penting untuk memperhatikan dan mengecek besaran bunganya. Bunga pinjaman merupakan hal krusial yang sangat berpengaruh pada jumlah pelunasan.


Lakukan perbandingan bunga dari satu platform dengan platform lainnya. Pilih perusahaan fintech pendanaan dengan tingkat kredibilitas bunga yang baik.


  • Ketahui Denda Keterlambatan Pelunasan


Tak kalah penting selain bunga pinjaman, denda keterlambatan juga berpengaruh pada jumlah pinjaman. Terutama jika Anda telat membayar, maka denda tersebut akan terus membesar dan menyulitkan pelunasan di kemudian hari.


Umumnya, denda pinjaman akan dihitung per hari. Tak heran, jika jumlahnya cepat membesar.


Nah, itu tadi beberapa tip yang dapat Anda lakukan untuk menghindari denda pinjaman dana. Bagaimana? Yuk, mulai untuk menerapkan cara jitu ini untuk menyelesaikan tanggungan pinjaman dana Anda.

Post a Comment for "Tips Terhindar dari Denda Pinjaman PayLater Atau Pinjol"

close