Apa Itu SSL? Pentingkah SSL Untuk SEO Website?



SeoDulu - SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu protokol keamanan internet berbasis enskripsi yang memberikan privasi, otentikasi, dan integritas komunikasi internet.

Fitur keamanan ini pertamakali dikembangkan oleh Netscape pada tahun 1995. Dengan SSL, proses transfer data di dalam website akan terenkripsi sehingga menjadi lebih aman.

Situs website yang menerapkan Sertifikat SSL,akan terlihat menggunakan HTTPS diawalan urlnya. Dengan adanya sertifikat SSL,situs website akan mengenkripsi data sebelum mengirimkannya ke pengguna internet sehingga mencegah pihak lain membacanya saat dalam perjalanan.

Perkembangan hingga saat ini, SSL telah digantikan oleh TLS (Transport Layer Security), yaitu sistem enkripsi data yang lebih modern. Lalu apa perbedaan SSL dengan TLS?

Tabel berikut ini merupakan ringkasan perbedaan antara SSL dengan TLS:

SSLTLS
SSL adalah singkatan dari “Secure Socket Layer”.TLS adalah singkatan dari “Transport Layer Security”.
Netscape mengembangkan versi pertama SSL pada tahun 1995.Versi pertama TLS dikembangkan oleh Internet Engineering Taskforce (IETF) pada tahun 1999.
SSL adalah protokol kriptografi yang menggunakan koneksi eksplisit untuk membangun komunikasi yang aman antara server web dan klien.TLS juga merupakan protokol kriptografi yang menyediakan komunikasi aman antara server web dan klien melalui koneksi implisit. Ini adalah penerus protokol SSL.
Tiga versi SSL yang telah dirilis: SSL 1.0, 2.0, dan 3.0.Empat versi TLS telah dirilis: TLS 1.0, 1.1, 1.2, dan 1.3.
Semua versi SSL dianggap rentan, dan semuanya sudah tidak digunakan lagi.TLS 1.0 dan 1.1 telah dianggap “rusak” dan tidak digunakan lagi sejak Maret 2020. TLS 1.2 adalah versi protokol yang paling banyak digunakan.

Kegunaan SSL/TSL

1. Mencegah Pencurian Data

Pencurian data,bisa saja terjadi pada siapapun. Dengan adanya SSL/TSL, maka setiap data di website akan terenkripsi sehingga data anda tidak dapat dibaca oleh sembarang orang.

2. Membantu Meningkatkan Reputasi Situs Website

Dengan adanya SSL/TSL,website akan meningkatkan kepercayaan. Dengan munculnya logo gembok di samping url website/blog,akan memaksimalkan kredibilitas sebuah website,lebih-lebih jika kamu memiliki sebuah website untuk transaksi online atau media sosial


3. Mendapatkan Banyak Pengunjung dan Traffic Stabil

Untuk kamu yang ingin fokus dengan dunia blogger atau website kamu ingin banyak penggunjung,lebih disarankan untuk memakai SSL. Terlebih lagi kamu yang sedang mengikuti kompetisi lomba SEO. Sehingga kamu tidak kehilangan pengunjung lebih banyak,dikarenakan ada pesan seperti contoh gambar di bawah ini.



Tidak memakai Sertifikat SSL

Memakai Sertifikat SSL

4.  Browser Akan Mendukung Sebuah Website Jika Ada Sertifikat SSL

Google akan memprioritaskan sebuah website atau blog,jika website menerapkan SSL/ TLS. Dan peraturan tersebut sudah berlaku sejak tahun 2014. Selain itu beberapa browser juga menggunakan peraturan,setiap website jika memakai setifikat SSL akan di perioritaskan,seperti yang sudah saya sampaikan pada gambar di pembahasan nomor 3. 

5. Harga SSL dan Ada Berapa Perusahaan Yang Menawarkan Produk SSL.

Banyak sekali penyedia layanan ssl,harga sangat bervariasi. Mulai dari Rp 90.000 per-tahunnya,hingga sekitar Rp 25.000.000. 

Berikut banyaknya pilihan SSL yang bisa kamu pilih :

Sumber : https://www.dewaweb.com/ssl-certificates

Atau bisa kunjungi : Dewa Web SSL

Post a Comment for "Apa Itu SSL? Pentingkah SSL Untuk SEO Website?"

close