Kumpulan Layanan Cloud Storage Terbaik dan Gratis

Seo Dulu - Sebagai seorang blogger,kita pasti sudah tahu dong. Apa itu Cloud Storage ?

Cloud Storage atau yang diterjemahkan ke indonesia (penyimpanan awan) adalah model penyimpanan data di mana data digital disimpan dalam komputer server, penyimpanan fisik meliputi beberapa server dan juga beberapa lokasi, dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting. Penyedia penyimpanan awan (cloud storage) ini bertanggung jawab untuk menjaga data yang tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik harus dilindungi dan berjalan dengan baik. Orang atau organisasi dapat membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia pengelola cloud storage.

Layanan penyimpanan awan (cloud storage) dapat diakses melalui komputer atau perangkat seperti mobile, tablets, laptop dan desktop selama perangkat tersebut terhubung dengan internet dan mempunyai akses akun ke layanan cloud storage tersebut. Juga dapat di akses melalui layanan web antarmuka pemrograman aplikasi (API) atau dengan aplikasi yang memanfaatkan API, seperti penyimpanan cloud desktop, gerbang penyimpanan awan atau sistem manajemen konten berbasis Web. (wikipedia)

 1. Google Drive


Google Drive adalah seperti yang tersebut dinamanya, ini merupakan layanan Cloud Storage yang dimiliki oleh sang raksasa mesin pencarian Google. Google drive menyediakan 15 GB penyimpanan gratis yang dibagi dengan berbagai layanan milik google lainnya seperti Gmail, Google Plus dll yang bersama dengan Google Drive. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan, berbagi dan mengedit file Anda dengan mudah dari berbagai perangkat. Anda juga dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk mengakses dan bekerja dengan file seperti dokument, spreadsheet dan presentasi. Selain itu juga banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dengan google drive dengan memanfaatkan fungsi pada aplikasi web yang lain. Dan google drive juga dapat Anda miliki dengan mudah selama Anda mempunyai akun email milik google yaitu Gmail.
Harga :
  • Gratis : 0$ – 15 GB
  • Premium : $1.99 / bulan – 100 GB, $9.99 / bulan – 1 TB, $99.99 – 10 TB, $199.99 / bulan – 20 TB dan $299.99 / bulan – 30 TB.

2. Dropbox

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Dropbox adalah layanan penyimpanan awan atau cloud storage terbaik di dunia saat ini, dengan layanan ini Anda dapat menyimpan semua file Anda dan sangat mudah untuk diakses maupun dibagikan ke orang lain. Dropbox sangat mudah digunakan dan tersedia di hampir semua platform dan perangkat. Dropbox akan memberikan Anda ruang penyimpanan awan sebesar 2 GB gratis untuk setiap pengguna dan Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan yang lebih besar lagi sampai 16 GB gratis jika Anda berhasil mengajak teman Anda untuk juga menggunakan layanan cloud storage milik dropbox ini.
Harga :
  • Gratis : 0$ – 2 GB up to 16 GB
  • Pro : $9.99 / bulan – 1 TB
  • Business : $15.50 / bulan – Sebanyak yang Anda butuhkan
  • Enterprise : Harga Nego – Sebanyak yang Anda butuhkan
3. One Drive From Microsoft

Microsoft yang sebelumnya mempunyai layanan cloud storage bernama SkyDrive sekarang menganti namanya menjadi OneDrive. Layanan penyimpanan awan mereka dengan berbagai macam fitur dan kelebihan lain dengan nama Onedrive. Microsoft juga tidak mau kalah dengan layanan cloud storage lain dalam upaya untuk mendapatkan ratusan juta pelanggan untuk menggunakan Onedrive dengan memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar  7 GB sampai 15 GB untuk penggunanya. Seperti halnya Dropbox, microsoft juga akan memberikan Anda tambahan ruang penyimpanan sebesar 5 GB jika Anda berhasil mengajak teman Anda atau siapa saja untuk juga menggunakan OneDrive dan juga 3 GB lebih untuk memungkinkan Anda mem-backup foto.
Harga :
  • Basic : Gratis $0 -5 GB
  • Basic Pro : $1.99 / bulan – 50 GB
4. Mega Cloud Storage

Mega mungkin seperti sebuah nama layanan yang tidak asing buat Anda. Ya benar Mega adalah layanan yang berasal dari file hosting megaupload.com yang merupakan layanan file download upload yang pernah sangat populer. Setelah megaupload.com ditutup, sekarang perusahaan tersebut meluncurkan Mega sebagai layanan penyimpanan berbasis awan atau cloud storage. Mega memberikan Anda ruang penyimpanan gratis sampai 50 GB, ini tentu merupakan ruang penyimpanan yang cukup besar bisa Anda gunakan.
Harga :
  • Personal = Gratis $0 – 50 GB
  • Pro = $9.5 – 4 TB
5. MediaFire

MediaFire juga tidak asing untuk kalangan blogger,yang suka membuat sebuah blog download. ya tidak diragukan lagi,mediafire juga memiliki kualitas yang baik untuk menyimpan sebuah data. Untuk fitur dari mediafire di bedakan menjadi 3 bagian.
  • Basic/free = 10GB of free space,Unlimited sharing,Unlimited ad-supported downloading.
  • Pro $3.75/month = 1TB (1000GB) of space,sekali upload bisa max 20GB per file sekaligus.
  • Business $40/month = Up to 100TB of space,sekali upload bisa max 20 GB per file sekaligus,Detailed security log.
 Terima kasih sudah berkunjung,semoga bermanfaat. Sebenarnya masih banyak cloud storage terbaik diluaran sana,namun ini saya kira sudah cukup untuk memberi wawasan bagi sobat seodulu tercinta.
close