Keunggulan CMS Wordpress






Hallo sobat seo,kali ini kita bahas tentang Keunggulan CMS Wordpress. Saya tidak akan menjelaskan lagi apa itu wordpress dan sejarahnya tetapi, apa yang anda dapatkan dengan menggunakan WordPress:

1.  URL Search Engine Friendly

Apa maksudnya ? Setiap artikel yang ditulis pada blog wordpress akan memiliki URL yang sangat bersahabat dan mudah diakses oleh search engine. 

Contoh artikel :
http://namadomain.com/artikel-anda.html (versi wordpress) jauh lebih disenangi oleh search engine daripada yang ini : http://namadomain.com/?p=123 . Selain itu link yang panjang bisa di perpendek,contoh http://namadomain.com/pemilihan-umum-kota-semarang-ricuh,bisa di ubah menjadi http://namadomain.com/pemilu-kota-semarang-ricuh.

2.   Bisa Di Install di localhost (Offline)

Wordpress bukan sekadar menyediakan situs blog gratis seperti blogger.com namun WordPress juga menyediakan CMS yang dapat anda instal pada localhost di komputer anda. Namun karena asumsi saya adalah anda ingin segera berbisnis di internet, maka masalah localhost ini tidak akan saya bahas di sini. Keuntungan install wordpress di localhost,itu dapat mengedit website secara offline atau belajar dan memodifikasi sesuai selera anda,sebelum di praktekkan ke online.

3.  Install online

Jika anda mengikuti petunjuk yang  saya jelaskan pada materi Hosting, Domain dan Control Panel maka wordpress dapat anda install dengan lebih mudah dan praktis secara online. Hanya beberapa kaliklik jadilah blog anda. Dan CMS wordpress ini bisa di intall di berbebagai jasa hosting,baik dalam negeri atau luar negeri.

4. Kemampuan UTC

WordPress memungkinkan anda mengatur waktu berdasarkan Universal Coordinated Time (UTC). Hal ini akan membantu anda mengatur waktu sesuai lokasi anda di mana pun anda berada, sekalipun host server anda berbeda waktu.

5.  Kompresi Gzip

Mengompres file dengan Gzip akan membantu anda mengurangi biaya bandwidth  situs anda dan WordPress. Memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

6. Multi-user

Wordpress memungkinkan anda membuat situs komunitas sendiri seperti halnya sebuah web forum dengan mengaktifkan sesi multi user maka setiap pengunjung yang mendatangi situs anda dapat berperan aktif sebagai kontributor.

7.  User ability

 Semua user dapat diatur hak aksesnya dan profilnya sesuai keinginan admin sendiri termasuk profil pengguna yang ingin ditampilkan pada blog.

8. Mudah diinstal

Menginstal tidak memakan waktu lebih dari 5 menit, ya tanpa pengetahuan sedikit pun tentang html, php atau mysql anda dapat membuat blog hanya dalam 5 menit. Seperti yang sudah saya terangkan di atas,bisa di install dengan sistem online maupun offline.

9. Mudah di-upgrade Jika nanti ke depannya ada versi yang lebih baru dari versi yang sudah anda instal maka anda pun dapat dengan mudah meng-upgrade-nya, yaitu secara otomatis

10.  Dinamis. Setiap kali anda meng-update Wordpress anda seperti mengganti tema/template situs anda maka wordpress dapat dengan cepat mengganti tanpa mengulang proses pembuatan dari nol.

11.  Multi bahasa. WordPress menyediakan berbagai bahasa untuk memudahkan pengguna dan tentunya sudah termasuk bahasa Indonesia.

12. Sindikat. WordPress telah mendukung RSS 1.0, RSS 2.0 maupun ATOM. Dengan cara ini setiap halaman pada blog anda entah itu artikel, kategori atau komentar yang terbaru akan selalu masuk ke dalam jalur setiap pelanggan RSS tersebut.

13. Lampiran artikel. WordPress memungkinkan anda membawa lampiran tulisan seperti lampiran file mp3 dan tentukan dengan kemampuan umpan RSS 2.0 memungkinkan setiap  pelanggannya untuk menerima update file lampiran tersebut.

14.   Layanan permalink. Semua URL dalam situs anda akan secara otomatis ditambah ke berbagai mesin pencari seperti Google secara permanen.

15. Ping & track back. Layanan ini bermanfaat untuk menghubungkan dua blog atau lebih yang anda miliki atau dapat juga untuk antar artikel di dalam blog dan membuatnya saling bertaut satu sama lain.

16. Dukungan penuh. Wordpress menyediakan dukungan penuh termasuk dari pihak ketiga untuk ekstensinya seperti template dan plugin dan hampir semuanya dapat anda peroleh secara gratis.

17. Tema/template. Wordprees sudah tema siap instal tinggal anda upload dan instal dengan sekali klik.

18. Plugin. Plugin sangat esensial untuk menambah berbagai fungsi blog anda. Ada ribuan plugin yang dapat gunakan beberapa di antara akan membantu anda memperoleh uang dari blog yang anda buat. Hebatnya adalah sejak versi Wordpres 2.7 xx plugin sudah bisa diinstall online tanpa harus masuk kontrol panel hosting

19. Desain template. Dalam wordpress anda mudah mengedit tampilan blog anda langsung melalui internet browser tanpa harus mengunduh atau unggah file.

20.  Tag template. Setiap template/tema yang ada pada Wordpress sudah terdapat tag yang memudahkan anda dalam mengeditnya.

21. Proteksi password. Anda ingin artikel anda hanya terlihat bagi sebagian orang, ya anda dapat menggunakan kata sandi pada artikel yang anda buat agar hanya dapat diakses bagi yang pemilik kata sandi tersebut.

22. Post slug. Post slug ialah menghubungkan artikel satu dengan artikel yang lainnya di dalam blog anda. Jadi pembaca dapat membaca artikel berseri milik anda dengan mudah.

23. Waktu posting. Dalam Wordpress anda dapat menyimpan tulisan yang telah anda buat dan memublikasikannya nanti.

24.  Simpan tulisan. Anda juga dapat dengan mudah menyimpan tulisan secara permanen atau sementara untuk anda edit kembali nanti sebelum dipublikasikan.

25.  Membagi tulisan. Jika anda menulis terlalu panjang anda dapat membagi tulisan tersebut ke dalam beberapa halaman.

26. Unggah gambar dan file.Anda dapat dengan mudah mengunggah file atau gambar dan menghubungkan ke setiap artikel hanya sekali unggah.

27. Streaming video. Anda dapat menghubungkan video-video yang ada di youtube, google video dsb supaya tampil di blog anda.

28. Kategori. Atur setiap pos anda ke dalam kategori atau sub kategori yang dapat anda buat sendiri. Anda juga menampilkan kategori ini di halaman muka

29.  Pratinjau pos. Sebelum mengeposkan suatu artikel selalu dapat melihatnya terlebih dahulu preview artikel yang anda buat

30. Blog melalui email. Alternatif lain untuk ngeblog adalah blog melalui email jadi email yang anda kirimkan akan otomatis muncul di blog anda.

31.  Jalan pintas. Wordpress dapat menggunakan jalan pintas untuk mengeposkan artikel anda melalui bookmark jadi anda tidak perlu mengetik alamat situs blog anda.

32. Widget. Dengan widget anda mengatur menu yang tampil dalam sidebar blog anda.

33.  Pencarian. Dalam Wordpress sudah tereintegrasi fasilitas pencarian yang memudahkan pengunjung mencari kata kunci yang diinginkan.

34. Dokumentasi. Semua artikel anda yang telah dibuat akan otomatis diarsipkan ke dalam folder berdasarkan waktu atau kategori.

35. HTML tag. Untuk mempercantik tampilan blog anda, anda dapat menggunakan HTML kode pada blog anda.

36. Moderati dan notifikasi. Untuk setiap komentar yang masuk akan diberikan notifikasi ke alamat email anda dan anda dapat memoderatinya untuk mencegah komentar spam.

37. Blogroll. Anda dapat memasukkan link-link favorit anda ke dalam blogroll agar tampil pada sidebar di blog anda.

38.   Impor. Anda dapat mengimpor arsip artikel pada blog anda yang lama ke dalam Wordpress.
39.  Ekspor .  Sebaliknya anda juga dapat mengirimkan artikel yang ada pada blog wordpress anda ke blog lainnya.

Diatas merupakan keunggulan dari CMS Wordpress,bisa di back-up dan lain sebagainya. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Keunggulan CMS Wordpress"

close