Cara Mengatasi 500 Internal Server Error Wordpress



Seo Dulu (Blog) - Internal Server Error merupakan salah satu kesalahan umum yang terjadi pada WordPress, jika anda mendapati masalah Internal Server Error pada situs WordPress Anda, anda jangan panik. Karena masalah tersebut memang sering terjadi bagi pengguna baru WordPress tapi semua itu bisa Anda atasi.

500 Internal server error yang terjadi di WordPress tidak selalu berkaitan dengan penyedia atau layanan hosting anda,bisa jadi terjadi pada Instalasi pada Wordpress anda,mulai dari plugin,themes,terus limit upload yang sangat terbatas dan masih banyak faktor lainnya.


Tanpa menunggu lama,sobat seodulu bisa ikuti langkah ini :


1. Memeriksa File .htaccess

Memeriksa file .htaccess, apakah file tersebut rusak atau tidak. anda dapat melakukannya dengan mengganti nama file .htaccess utama anda dengan nama .htaccess_old. Untuk mengubah nama file htaccess, Anda akan perlu untuk login ke situs anda menggunakan FTP. File ini berada di dalam folder seperti wp-content, wp-admin, dan wp-includes.

Setelah anda mengganti nama file .htaccess, coba refresh situs anda untuk melihat apakah ini memecahkan masalah. Jika tidak, Silahkan masuk ke menu Settings »Permalinks dan klik tombol simpan. Ini akan menghasilkan file .htaccess baru.


2. Nonaktifkan semua Plugin


Mungkin beberapa plugin mengalami kerusakan,dan usahakan tidak menginstall plugin nulled ya.
Lakukan langkah ini : Matikan semua plugin,aktifkan satu persatu atau random,dan ulangi sampai ketemu plugin mana yang menjadi biang kerok munculnya pesan Internal Server WordPress


3. Meningkatkan Memori Limit PHP


Hal ini sering terjadi,setelah megupload beberapa file atau gambar pada wordpress anda dengan kapasita size yang sangat besar dan menghasilkan pesan Internal Server Error.

Cara Memperbaiki : 

  • Buat file teks kosong dan beri nama php.ini
  • Paste kode di file tersebut: memory = 64MB
  • Simpan file
  • Upload ke / Folder wp-admin anda / menggunakan FTP


4. Re-upload Inti File WordPress

Jika cara diatas masih gagal,ikuti cari ini. Silahkan Backup terlebih dahulu File atau plugin WordPress Anda, lalu lakukan replace dengan File WordPress yang baru. Untuk mendapatkan file inti WordPress ini adalah dengan mendownload file WordPress terbaru langsung dari situs resmi WordPress.org, setelah itu silahkan ekstrak file WordPress dalam bentuk zip tersebut dan upload menggunakan software FTP client dan replace semua file jika muncul peringatan untuk replace di software FTP, hal ini untuk mengganti file WordPress dengan file WordPress terbaru.


5. Tanyakan Pada Provider Hosting Anda

Langkah terakhir yaitu degan menghubungi layanan/penyedia hosting anda,dan nanti pihak penyedia hosting akan melihat dari sisi log server mereka. Biasanya ini tidak terlalu lama,kadang anda di kasih tiket laporan,jika penyedia hosting banyak menangani beberapa customer atau client.

Post a Comment for "Cara Mengatasi 500 Internal Server Error Wordpress"

close