Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot



Seo Dulu (Tekno) -  Windows 10 merupakan sistem operasi untuk komputer atau laptop dan mungkin beberapa perangkat  yang sudah bekerjasama dengan pihak Microsoft. 

Selain karena digunakan setiap hari dan menyimpan file-file kerjaan,pihak microsoft juga kadang sering update sistem operasinya,serta penambahan fitur dan keamanan yang kadang sering kita anggap tidak terlalu penting. Tapi tidak perlu khawatir ,kali ini kita akan membahas 


Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot

1. Menghapus File Temporary Windows 10

Menghapus file temporary sangat berguna,agar kinerja windows 10 bisa maksimal. Dikarenakan ada sisa-sisa file yang di hapus atau un-installnya tidak sempurna dan sebagainya..

  • Buka aplikasi Run atau bisa gunakan shortcut Windows + R. 
  • Ketik "%temp%" tanpa tanda kutip lalu tekan enter. 

  • Setelah itu, akan tampil beberapa folder temporary yang tersimpan di sistem, hapus semua file temporary dengan menekan tombol Ctrl + A pada keyboard lalu tekan Ctrl + D atau klik kanan dan pilih Delete untuk menghapusnya. 
  • Jika langkah diatas sudah dilakukan,sekarang tekan Windows + R lalu ketik "temp" tanpa tanda kutip lalu tekan enter.
  • Setelah itu hapus file sampah,seperti contoh yang tadi.
  • Jangan sampai lupa untuk file sampah yang ada di  Recycle Bin,hapus semua file yang ada didalamnya dan Restart Windows. 


2. Lakukan Disk Cleanup Pada Local Disk (C:)

Selain cara diatas,kita bisa melakukan Disk Cleanup,terutama pada  Local Disk (C:),bisa jadi banyak file sampah dari beberapa aplikasi yang sering anda gunakan yang masih menumpuk.

  • Buka File Explorer Windows 10.
  • Arahkan kursor ke Local Disk (C:) atau tempat dimana sistem Windows 10 disimpan.
  • Klik kanan, lalu pilih Properties. 




  • Pilih Disk Cleanup, centang file sampah yang akan dihapus dan klik OK untuk mulai membersihkan file sampah. 



  • Setelah itu,nanti akan muncul pop-up seperti gambar di bawah ini

  • Tunggu hingga proses selesai, setelah itu klik OK untuk menutup jendela Disk Cleanup. 


3. Matikan Opsi Transparency dan Animation Effects

Transparency dan Animation Effects merupakan salah satu fitur bawaan dari Windows 10 yang memang sudah dirancang oleh Microsoft agar tampilannya menarik,akan tetapi membuat sistem operasinya menjadi berat dan lambat

Untuk menonaktifkannya yaitu dengan ketik "Show transparency in windows" pada kotak pencarian Windows 10 lalu tekan enter. Selanjutnya matikan Transparency Effects.


Setelah itu,mematikan efek animasi yang berlebihan agar loading Windows 10 lebih cepat. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Advanced System Settings. Ketik saja "Advanced System" pada kotak pencarian Windows, lalu pilih View advanced system settings.


4. Uninstall Program (Aplikasi) yang tidak begitu penting

Aplikasi yang tidak terpakai atau tidak begitu penting,sebaiknya di uninstall saja,dikarenakan aplikasi tersebut mengambil resource seperti Harddisk, RAM dan CPU

Pertama ketik "Apps" pada search bar Windows 10 > lalu pilih Apps & features > pilih aplikasi atau program yang sudah tidak digunakan > lalu klik Uninstall. 


5. Disable Program (Aplikasi) Saat Proses Start-up Pada Windows 10 yang tidak penting

Windows 10 akan begitu lemot,jika banyak program (aplikasi) yang ikut aktif pada proses start-up atau booting,untuk mengatasinya adalah mendisable program atau aplikasi yang tidak begitu penting

Caranya ketik "Startup" pada search bar Windows 10 > lalu pilih Startup Apps > pilih program yang akan di disable saat proses booting dengan klik tombol on menjadi off. 



Terima kasih telah berkunjung di seodulu,semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dishare

Post a Comment for "Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot"

close