Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi di Komputer



Seo Dulu - Kebiasaan mencetak dokumen sangatlah menjadi rutinitas setiap hari,mulai dari anak sekolah sampai orang yang sudah bekerja terutama di perkantoran swasta hingga instansi pemerintah. 

Tak heran alat seperti printer menjadi kegiatan sehari-hari,namun pernah tidak,kamu mengalami printer kita mengalami error saat proses mencetak dokumen penting dan waktunya sangat mepet?

Kejadian ini mungkin disebabkan beberapa faktor,tanpa basa-basi yuk simak artikelnya.


Cara Mengatasi Printer yang Tidak Terdeteksi di Komputer


1. Periksa Kabel USB dan Power

Kejadian ini sering terjadi pada umunya pada kabel power atau kabel usb yang mungkin di sebabkan beberapa faktor,antara lain :  Kabel yang tertekuk,Kabel yang putus,Bahkan Port USB tidak terpasang dengan baik seperti longgar atau semacamnya.

Cara mengatasi : Periksa port USB komputer/laptop serta kabel usb dan kabel power printer tadi,apakah harus diganti baru,atau mungkin cuma mengganti ke posisi port usb yang lebih stabil,kebanyakan di pasang di port USB komputer bagian belakang.

2. Muat Ulang (Restart) Print Spooler

Print Spooler adalah sebuah perintah agar printer mau tampil dan mencetak lembar dokumen kita,biasanya ini dilakukan apabila sudah restart manual di tombol-tombol seperti on-off printer,namun printer tidak tetap bekerja dengan baik.
  • Silakan ketik service.msc di kolom search Windows.
  • Kemudian geser ke bawah > Klik kanan pada Print Spooler > Kemudian klik Stop.
  • Jika sudah, klik kanan lagi di sana > Lalu klik Start.
  • Terakhir, klik kanan lagi Print Spooler > Pilih Properties > Kemudian pastikan pada Startup Type sudah terpilih Automatic.

3.  Tambah Printer Secara Manual Melalui Device and Printers

Jika kedua cara tersebut gagal,coba cara ketiga ini.

Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Silakan buka Control Panel melalui kolom search

  • Kemudian buka pengaturan Hardware and Sounds > Device and Printers.


  • Klik Add Printer > Kemudian ikuti setelan yang diberikan, sesuai dengan printer yang Anda gunakan.

4. Install Ulang /Update Driver atau Aplikasi Printer

Cara ini cukup efektif juga,dikarenakan bisa jadi aplikasi printer atau driver printer mengalami beberapa masalah,diantaranya : Bug pada driver(aplikasi),aplikasi tidak kompatibel,hingga kesalahan saat proses instalasi sebelumnya.

5. Service Printer

Jika semua cara diatas tidak berhasil,cobalah untuk ketempat service,mungkin ada beberapa sebab lain pada printer. Seperti kerusakan kabel pada komponen,sparepart dalamnya ada problem dan masih banyak lagi.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi di Komputer"

close