Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya

Seo Dulu - Semua layanan online,bisa saja mengklaim memiliki tingkat keamanan tinggi, tapi bukan berarti pengguna menjadi tidak memperhatikan keamanan akun. Karena tetap ada kemungkinan penjahat siber bisa saja membobol informasi pribadi seperti foto, video, data keuangan dan email, lewat celah keamanan sebuah website yang sangat rentan atau yang kita kenal dengan istilah BUG.

Namun jangan khawatir untuk sobat seo dulu,mungkin kejahatan yang ada di internet bisa diminimalisir. Asalkan sobat,selalu aktif mencari sebuah informasi yang akurat. Seperti artikel kali ini,Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya

1. Pastikan Selalu Membaca Term Of Service,Sebelum Membuat Sebuah Akun. Dimana pun dan kapanpun

Term of Services (ToS), adalah aturan-aturan yang disediakan oleh suatu program atau services sebuah layanan atau perusahaan untuk menggunakan layanan yang disediakan. Lalu, untuk dapat menggunakan suatu layanan yang disediakan, anda harus menaati/mematuhi peraturan-peraturan yang telah disediakan.

2. Pakai password berbeda

Kebanyakan orang menggunakan password yang sama di semua perangkat dan akun online. Padahal jika menggunakan password unik dan beragam di berbagai akun, penjahat siber akan lebih sulit untuk mengakses informasi kamu.

Penggunaan password yang berbeda mengurangi risiko pembobolan semua akun yang kamu miliki. Misalnya jika satu akun diretas, hacker tidak bisa menggunakan password yang sama untuk masuk ke akun yang lain.

3.  Pastikan keamanan jaringan internet rumah

Kesalahan umum lain adalah kurangnya perhatian pada jaringan internet rumah. Ketika hacker berhasil menerebos jaringan di rumah, mereka bisa mengakses data di komputer dan perangkat lain yang terhubung dengan jaringan tersebut. Jika kamu memakai sebuah layanan ISP Untuk internet rumahan : Seperti Telkom,Biznet atau lainnya,pastikan layanan ISP tersebut memiliki fasilitas seperti ANTIVIRUS.

4. Hati-hati ketika mengunduh software

Ketika mengunduh pemindai anti-virus atau software jenis lain di website, pastikan website tersebut terpercaya. Jika tidak, sangat besar kemungkinan software itu akan berbahaya bagi komputer atau perangkat Anda.
Untuk mencegahnya, salah satu cara yaitu uncheck atau jangan centang semua fitur tambahan yang biasanya disertakan secara dafault (bawaan) ketika software akan dipasang. Hal ini bisa mengurangi risiko yang ditimbulkan jika ternyata yang Anda unduh adalah software berbahaya.

5. Perhatikan email mencurigakan

Email yang dikirimkan oleh orang tak kenal kadang bisa mengancam keamanan akun. Para penjahat siber biasanya melampirkan file, yang jika diunduh akan melakukan proses enkripsi pada komputer Anda.
File yang harus diwaspadai adalah .exe dan .bat, tapi tidak menutup kemungkinan tipe yang lain seperti PDF, juga bisa berbahaya. Cara terbaik ketika Anda menerima email yang mencurigakan adalah menghapusnya atau menandai sebagai spam.

6. Jangan Pernah login pada akun penting,di jaringan internet public.

Biasanya para penjahat internet,memanfaatkan jaringan public seperti wi-fi gratisan untuk membobol sebuah sistem informasi anda. Serta jasa warung internet juga,biasanya juga dipasangi sebuah keyloger atau alat semacamnya.  Jadi jangan pernah membuka sebuah akun penting,seperti akun bank untuk transaksi atau akun lainnya yang berhubungan dengan privasi sobat.

7. Selalu Update Aplikasi penting

Utamakan selalu update aplikasi penting,seperti aplikasi perbankan atau semacamnya

Terima kasih telah berkunjung.
close