Cara Mencari Supplier Online yang Bagus

Seo Dulu -Banyak sekali hal yang harus kita perhatikan ketika membuka dan menjalankan sebuah bisnis online, salah satunya adalah bagaimana mencari supplier yang terbaik. Dalam hal ini, kita berbicara tentang model toko online yang menggunakan sumber produk dari pihak ketiga atau bukan merupakan milik kita sendiri. Satu fakta penting yang harus kita ingat adalah bahwa mencari supplier bukanlah perkara yang mudah. Kita diwajibkan untuk teliti dalam melihat supplier mana yang memang mampu menjalin relasi dengan baik sekaligus mampu menyediakan pasokan produk berkualitas, tentunya dengan harga yang terjangkau. 

Pengertian
 
Supplier adalah penyedia prodak untuk kebutuhan yang relative banyak untuk dijual kembali oleh para pengusaha kecil atau pedagang.
 
Jika kita salah memilih supplier,akan berdampak buruk dengan kemajuan bisnis anda. Salah satu dampak buruknya adalah,kepercayaan pelanggan gara-gara barang tidak sesuai,dan akhirnya di cap sebagai pedagang yang tidak memiliki produk yang berkualitas.
 
 Namun jangan khawatir,berikut adalah Cara Mencari Supplier Online yang Bagus

- Menyiapkan Konsep Toko Online (Jualan Apa Saja) Terlebih Dulu

Jika kita telah memiliki toko online yang siap untuk beroperasi, maka kita akan lebih mudah untuk mencari supplier. Dengan mempunyai domain sendiri atau membuka akun di marketplace terpercaya,serta memudahkan untuk bertransaksi . Setelah itu buatlah sebuah konsep yang tertata baik, maka supplier akan memperoleh keyakinan bahwa kita merupakan rekan bisnis yang terpercaya, meski mungkin kita masih pemain baru di bisnis online.Kesan profesional bisa ditampilkan melalui kelengkapan perangkat bisnis yang sudah kita miliki. Dalam tahapan ini, kita harus sudah mulai mengidentifikasi merek serta jenis produk yang akan kita perkenalkan dan pasarkan. Setelah menentukan produk, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi merek-merek yang menjadi competitor bisnis kita. Dari situ kita bisa mengidentifikasi supplier mana saja yang dapat menyuplai produk yang kita butuhkan.

Carilah sebuah produk yang mudah dijual,serta untuk persaingannya sangat minim.

– Mencari Supplier Online yang Bersedia Menerima Dropship atau Reseller

Sebagai tahap awal pengembangan bisnis, kita bisa mencari supplier yang bersedia menerima reseller atau dropshipper. Berperan sebagai reseller bisa menjadi pilihan bila produk yang akan kita pasarkan memiliki banyak peminat. Sementara itu, menjadi dropshipper lebih cocok jika kita memiliki keterbatasan tempat untuk menyimpan stock produk atau keterbatasan dana untuk membeli persediaan. Dengan cara ini, maka kita tidak akan merasa terbebani dengan jumlah stok yang berlebihan.

– Meningkatkan Trafik ke Situs Toko Online

Meski toko online kita belum sepenuhnya beroperasi, bukan berarti kita bisa berdiam diri dan membiarkan situs toko kita menganggur. Kita bisa mulai membangun konten yang menarik untuk memancing rasa penasaran pengguna internet. Angka traffik yang tinggi menjadi salah satu upaya awal untuk membangun toko online yang diminati dan calon supplier pun akan dapat melihat hal tersebut sebagai langkah awal yang baik.

– Jika Pengajuan ke Supplier Online Ditolak

Ketika upaya pengajuan kerjasama kepada supplier ditolak, kita tidak boleh berkecil hati karena masih bisa mencoba membangun bisnis online berbasis afiliasi maupun mencoba bekerjasama dengan supplier yang lain. Kita bisa memulai dengan memasarkan produk milik toko online yang lain.
Persaingan bisnis yang semakin ketat tentu menuntut kita untuk lebih kreatif, termasuk dalam hal mencari supplier online. Meski begitu, kita tidak boleh serampangan memilih supplier karena kredibilitas dan profesionalisme yang mereka miliki harus tetap menjadi prioritas yang kita perhatikan.
close