8 Tips Menghindari Kejahatan Cyber Saat Mengakses Wi-Fi Gratisan

Seodulu - Mengakses wi-fi publik merupakan kegiatan yang paling menyenangkan,salin ceipat wi-fi publik kebanyakan gratis,dan mudah diakses.

Bagi sebagian orang yang sudah mengerti, pasti tidak akan melakukan kegiatan yang dianggap penting saat berselancar di internet menggunakan hotspot publik. Mereka sudah paham batasan-batasan apa yang akan dilakukan manakala 'nebeng gratis' hotspot publik.

Berdasarkan survei dari Norton Cyber Security Insight Report tahun 2016, menjelaskan bahwa sebanyak 51 persen di antara masyarakat yang disurvei belum bisa mengidentifikasikan jaringan Wi-Fi yang digunakan aman atau tidak.

Nah, ini yang menjadi persoalan bila mereka yang menggunakan Wi-Fi publik tak mengerti bila akhir-akhir ini tengah menjadi incaran penjahat siber.
Lantas bagaimana caranya agar aman? Berikut adalah tips yang bisa diterapkan bila Anda menggunakan hotspot publik:

1. Jangan pernah meninggalkan laptop dan telepon genggam Anda tanpa pengawasan, bahkan hanya untuk sesaat.

2. Jangan mengatur jaringan wireless Anda untuk secara otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Namun, pilihlah jaringan hotspot secara manual ketika hendak terhubung.

3. Pastikan Anda mengakses jaringan hostpot yang legal dengan bertanya pada pemilik jaringan (host) untuk mengkonfirmasi nama jaringan dan proses koneksinya.

4. Matikan fitur berbagi file/file sharing saat Anda menggunakan hotspot, dan usahakan untuk meminimalkan jumlah data pribadi yang sensitif yang disimpan di laptop dan telepon genggam Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur file sharing melalui menu pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.

5. Jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan secara online saat menggunakan hotspot publik. Lakukan transaksi-transaksi tersebut saat berada dalam lingkungan yang lebih aman dan terkontrol.

6. Jangan berselancar ke situs-situs yang Anda tidak ingin orang asing ketahui bahwa Anda sedang mengaksesnya.

7. Saat Anda menggunakan sebuah jaringan hotspot publik, Anda tidak mengetahui infeksi apa yang sedang menjangkit komputer-komputer lain yang juga sedang terhubung di jaringan itu, atau mengetahui keberadaan hacker yang mungkin sedang mengintai di jaringan tersebut.

8. Ambillah keputusan berkomputasi yang bijaksana. Selalu hindari menggunakan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi atau transaksi yang penting.

Terima kasih telah membaca,semoga bermanfaat. dan terima kasih untuk beberapa sumber yang menjadi inspirasi.
close