5 Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Mudah

Seo Dulu - Memiliki Kamera Lensa merupakan kebanggaan tersendiri. Khususnya bagi anak mudah yang sering mengirimkan karya fotonya di media sosial. Kamera lensa yang jernih ,dan didukung dengan pemandangan yang bagus,akan memperindah foto.

Baca Juga Perbedaan Kamera Mirrorless Dengan DSLR ?

Bagian tersebut berperan penting dalam menangkap kejelasan, warna, dan detail gambar.

Namun, tak jarang pengguna ragu untuk membersihkan lensa karena takut tergores. Padahal, membersihkan lensa kamera secara rutin merupakan perawatan yang perlu dilakukan pecinta fotografi.


Fujifilm Memperkenalkan 6 Lensa "Medium Format" Terbaru


Meskipun harus berhati-hati, tak dimungkiri pengguna tetap harus membersihkan kameranya ketika kotor. Berikut ini adalah 
5 Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Mudah

1. Gunakan cairan pembersih
Saat ini telah banyak cairan pembersih kamera yang dijual di pasaran. Cairan ini digunakan untuk mengangkat sidik jari dan kotoran lain tanpa meninggalkan garis di lensa atau filter.


Hanya perlu diingat, tak perlu menggosok lensa terlalu keras dan memakai cairan terlalu banyak. Cukup gunakan satu atau dua tetes, dan usap lensa dengan gerakan melingkar lembut memakai tisu pembersih.

2. Tisu pembersih
Untuk menggunakan cairan pembersih, cara yang bisa digunakan dengan memakai tisu pembersih khusus. Tisu ini biasanya lebih tipis dan hanya dapat digunakan untuk sekali pemakaian.

Sebaiknya jangan menggunakan tisu wajah yang normal, sebab memiliki tekstur yang lebih kasar dan dapat menggores lensa.


3. Kain microfiber

Alternatif selain tisu pembersih adalah kain microfiber. Kain ini memang didesain untuk mengambil debu dan minyak yang ada pada lensa kamera.

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kain microfiber adalah mencucinya secara rutin atau membeli kain baru. Dengan demikian, kemungkinan sisa pencucian menggores lensa semakin kecil.

Sebelum menggunakan kain microfiber, pastikan juga lensa tak memiliki kotoran yang lebih besar dari pasir karena dapat menggores lensa kamera


4. Blower

Ada beberapa jenis blower yang ditawarkan di pasaran. Pilihan tentu diberikan pada pengguna, tapi sebelum memakainya disarankan untuk berhati-hati karena alat ini digunakan utnuk membersihkan bagian dalam kamera.
Pastikan untuk menekan blower beberapa kali agar debu yang ada di dalam lensa dapat keluar. Setelah itu, baru bersihkan dengan menyekanya menggunakan kain atau tisu pembersih.

5. Kuas
Jika kamera memiliki banyak debu, salah satu alat yang baik digunakan untuk membersihkan kotoran tersebut adalah kuas. Disarankan untuk memakai kuas dengan bulu halus dan lembut agar tak menggores lensa.

Kami menyarankan untuk membersihkan lensa dengan kuas yang dilengkapi sikat di sisi lainnya. Dengan demikian, sikat tersebut dapat juga digunakan untuk membersihkan bagian lain dari kamera.

Semoga bermanfaat,terima kasih telah menyempatkan untuk membaca atikel ini.

Post a Comment for "5 Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Mudah"

close