Cara 'downgrade' Dari iOS 10 ke iOS 9


Upgradenya sebuah sistem operasi,tidak selamanya bagus. Dan sebuah iming-iming,akan lebih cepat,lebih simple dan sebagainya. Tidak mendatangkan solusi.
Tak terkecuali sistem operasi dari Apple,yaitu  iOS 10 yangsebenarnya sudah diantisipasi oleh para Apple Fanboy, setara dengan datangnya iPhone 7.
Namun di balik beberapa perubahan teknis, hilangnya 'swipe to unlock,' dan berubah signifikannya emoji, ternyata banyak yang menyesal telah menginstall iOS 10 di perangkat Apple mereka. Banyak yang justru ingin kembali dan bertahan menggunakan iOS 9.
Kekecewaan ini tak hanya didasari karena perubahan teknis saja, namun permasalahan mayor juga dilaporkan terjadi. Mulai dari koneksi yang bermasalah,tampilan yang baru, hingga perangkat yang mati total. Dan inipun jadi keluhan,karena perubahan total.
Untungnya ada trik untuk para 'konsumen kecewa' iOS 10 yang bisa melakukan downgrade kembali ke iOS 9.
Trik untuk downgrade ini muncul dari David Price dari Macworld, yang ternyata juga menyesal telah memasang iOS 10. Hal ini bisa dilakukan hanya dalam beberapa hari setelah Apple merilis 'full version' dari iOS 10, di mana downgrade bisa dilakukan dengan mudah.
Sebelum memulai, sangat penting untuk melakukan 'back-up' data di iCloud ataupun iTunes. Hal ini dikarenakan pemasangan ulang akan menghapus seluruh data di memori iPhone Anda. Pembaharuan di iOS 10 yang telah dilakukan pun tak akan bisa kompatibel jika telah kembali menggunakan iOS 9.
Setelah proses back-up selesai, selanjutnya Anda harus menemukan file ipsw dari iOS 9, yang bisa ditemukan dari youruserfolder/Library/iTunes. Ini adalah file penting yang harus ada untuk pemasangan ulang iOS 9. Jika Anda tak menemukan file yang benar atau terbaru, Anda bisa melakukan mencari link downloadnya dan mengunduh file yang benar ke perangkat Anda.Lalu proses pemasangan kembali iOS 9 bisa dimulai. Pertama-tama, tancapkan perangkat Anda ke komputer dekstop, bisa Mac, PC atau laptop biasa. Buka iTunes, buka perangkat Anda melalui antar muka iTunes dan pilih 'summary.' Jika Anda menggunakan Mac, tahan tombol Alt/Option, atau jika Anda menggunakan PC, tahan tombol Shift, setelah itu klik pilihan 'Restore'.
Selanjutnya, buka file ipsw iOS 9.3.2, dan iTunes akan memasang sistem operasi iOS 9 ke perangkat Anda.
Jika Anda dideteksi iTunes sudah terlanjur menjalankan iOS terbaru di perangkat Anda, Anda harus menggunakan mode Recovery. Hal ini bisa dilakukan dengan mematikan perangkat, tancapkan kabel data ke komputer sembari menekan tombol Home di perangkat Anda sembari kabel Anda koneksikan ke PC. Lakukan hingga 'Connect to iTunes' tampil di layar. Lalu lakukan cara 'Restore' seperti yang dijelaskan di atas.

Post a Comment for "Cara 'downgrade' Dari iOS 10 ke iOS 9"

close