Cara Mendaftar FeedBurner

FeedBurner merupakan sebuah layanan  umpan web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan podcaster, dan aplikasi publikasi lain yang berbasis web.

Layanan ini menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih.
FeedBurner memiliki banyak fitur, misalnya pengecekan statistik optimasi feed. Namun kenapa lebih baik menggunanan FeedBurner dibandingkan dengan feed bawaan blog adalah karena FeedBurner lebih cocok dipakai untuk:
  • Mempublikasikan konten dan orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe.
  • Mengoptimalkan pendistribusian feed karena formatnya lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.
  • Pengguna dapat menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai.
Cara untuk mendaftar dan menggunakan Feedburner adalah sebagai berikut.


1. Buka halaman Feedburner.

Feedburner merupakan layanan Google yang saling terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Jika kita memiliki akun Google seperti gmail, langsung masuk untuk Login. Jika belum, buat akun Google terlebih dahulu dengan klik Sign Up


2. Masukan URL blog kita, contoh: seodulu.blogspot.com > next.

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgffzIQQ4zwVPOzJcSoCMOUeivS1y8mZAi7hHDEdeVO2JSOm8VHJ1SLSynRblglnmGbhJeON3acmiSJ6ouZdwTQCiPDRmjJfr3Gaa8AAJ1RDlrsxY1_2nldjcKvpNbuAn_ule37Uthq3ZHQ/s1600/Halaman+my+feeds+Feedburner.jpg


3. Pilih feed sumber asal dari blog kita, coba pilih Atom feed > next.

4. Pilih judul feed dan URL feed > next.



5. Feed blog menggunakan Feedburner sudah jadi > next > pilih pengaturan statistik feed sesuai keperluan > next.










6. Ubah pengaturan URL feed pada blogspot.

Masuk ke akun blogger > dasbor > setelan > lainnya > perhatikan umpan situs > masukan URL feed blog kita menggunakan Feedburner > simpan setelan.



7. Cara menampilkan widget ikuti lewat email dari Feedburner pada blog adalah sebagai berikut.
Masuk ke akun blogger > dasbor > tata letak > tambahkan gadget > pilih ikuti lewat email > pastikan pengaturan URL feed benar > simpan.





Layanan Feedburner akan mengirimkan konten terbaru dari blog kita kepada pembaca secara otomatis melalui email. Jika kita sudah lama tidak update blog dan pengiriman konten blog ke email pembaca tersendat maka kita dapat menggunakan fitur Ping Feedburner agar layanan pengiriman konten blog terbaru ke email pembaca menjadi lancar kembali.
close