Kenali Ciri-Ciri Dan Skema Investasi Bodong



Masih banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak paham investasi,selain minat baca serta mencari informasi yang sangat minim menjadi faktor utamanya. 

Serta masih banyak dari teman-teman kita terjebak metode money game,ponzi,mlm dan sekema piramida atau yang sejenis.

Hampir kebanyakan kena investasi bodong,dikarenakan ajakan teman dan kita merasa tidak enak,dan modusnya kebanyakan diajak ke seminar atau perkumpulan bicarakan masa depan. 

Untuk target atau mangsa investasi bodong : Hampir kebanyakan orangtua yang tidak paham teknologi atau informasi,dan juga anak muda yang minim informasi dan teknologi (mahasiswa,atau orang pertama kali lulus sekolah/kuliah dan mencari info pekerjaan)

Selain pokok diatas,kamu juga harus Kenali Ciri-Ciri Dan Skema Aplikasi Investasi Bodong

1. Aplikasi Tidak Memiliki Izin Resmi (OJK,BAPPEBTI)

Di Indonesia ada beberapa lembaga yang menaungi investasi,salah satunya OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta BAPPEBTI(Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). 

Hampir semua penipuan investasi,mengklaim sudah mengantongi izin baik itu OJK ataupun BAPPEBTI.

Namun yang terjadi di lapangan,tidak sama sekali.  

Kamu bisa mengeceknya lewat website berikut :

 2. Berkedok Arisan

Untuk metode berkedok arisan biasanya di tawarkan lewat sosial media seperti facebook,messanger,instagram,whatsapp,telegram. Namun beberapa metode lainnya adalah membuat sebuah akun di website/aplikasi yang sudah dibuatkan agar terlihat menyakinkan.

3. Sistem Koperasi Simpan Pinjam

Metode ini,dengan sistem koperasi simpan pinjam,serta agar menyakinkan si calon korban,biasanya menyewa sebuah ruko untuk di jadikan kantor yang sifatnya agar menarik si calon korban.

4. Sering Bikin Konten Flexing (Pamer Kekayaan) Untuk Mencari Calon Korban

Apakah anda masih ingat dengan konten flexing Indra Kenz atau Indra Kesuma "Murah Banget"?. 

Banyak sekali konten kreator bermunculan di media sosial,banyak sekali dengan metode agar kontennya laku dan terkenal (viral),baik membuat konten edukasi hingga flexing atau pamerkekayaan. 

Sikap kita sebagai penonton,itu adalah konten hiburan dan jangan tergoda,gunakan akal pikiran anda yang jernih untuk setiap konten yang ada di media sosial,dan kita tidak bisa melarang atau membendung konten tersebut.

5. Menawarkan Keuntungan Dengan Persentase Yang Tidak Masuk Akal

Umumnya untuk keuntungan dari deposito (BANK)sekitar 3-5% pertahun,dan untuk investasi reksadana atau pasar saham 4-17% pertahunnya,dan itupun tidak jangka pendek (minimal 1 tahun),dan belum juga ada inflasi atau kejadian tak terduga di pasar modal/saham,contohnya kayak pandemi covid-19 awal tahun 2020. 

Dan jika ada tawaran bisnis,dengan nilai keuntung diatas bunga deposito atau pasar saham,sebaiknya anda menyimak terlebih dahulu skemanya.

6. Keuntungan Dalam Waktu Singkat

Seperti yang sudah dijelaskan pada point nomor 5,untuk keuntungan Investasi Legal dan terpercaya dari pemerintah minimal 1 tahun,dan jika dalam waktu 3-6 bulan sudah balik modal itu rasanya anda wajib waspada.

7. Dimintai Untuk Membeli Produk Dan Mencari Member Baru

Untuk metode ini,biasanya di tawarkan produknya terlebih dahulu,setelah itu ada tawaran yang lebih menarik (bonus),jika kamu berhasil mendapatkan member baru. Kamu akan mendapatkan bonus yang cukup bervariasi,dan sistem piramida.

8. Pengelolalaan Sumber Uang Tidak Transparan

Investasi bodong biasanya membuat sistem keuangannya tidak transparan,dibuat dengan skema dan siklus yang sama terus menerus.

Contohnya : Saat proses WD (pencairan uang) atau tiba-tiba aplikasi tidak bisa diakses dalam beberapa hari,dan puncak huru-hara biasanya di share di grup,ada yang bisa pencairan uang, ada juga yang ketahan uangnya,serta ada juga yang pencairan dana berhasil masuk rekening,namun setelah di cek kembali lewat ATM atau M-banking tidak kunjung masuk uangnya.

9. Kantor Atau Instansi Investasi Bodong Biasanya Fiktif Atau Sewa Ruko Sementara

Banyak sekali untuk menyakinkan para korbannya,sehingga banyak sekali investasi bodong membuat alamat fiktif atau menyewa ruko sementara agar terlihat menyakinkan untuk calon korbannya.

Terima kasih telah menyempatkan membaca artikel dari seo dulu,semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti grup informasi ciri-ciri investasi bodong,seperti Masyarakat Anti Ponzi di facebook dan jangan lupa sharing ke teman-teman kamu ya.

Post a Comment for "Kenali Ciri-Ciri Dan Skema Investasi Bodong"

close