Tips Berjualan di Shopee Supaya Laris

Melakukan transaksi jual beli,dengan cara online sangatlah lumrah di era teknologi sekarang ini. Apalagi, banyak marketplace-marketplace yang menjamur di Indonesia. Seperti Shopee,Bukalapak,tokopedia,lazada dan masih banyak lagi.

Selain memudahkan bagi penjual maupun pembeli,tentang efisiensi waktu. Berbelanja di online shop,terutama di marketplace akan mendapatkan promo-promo menarik,seperti diskon,gratis ongkir,cash back,undian,serta banyak promo lainnya.

Namun pembahasan artikel kali ini adalah,bagaimana sih cara berjualan di shopee supaya laris manis ?.

Yuk tanpa menunggu lama,yuk simak artikel kali.

1 . Melakukan Riset Produk,Sesuai Permintaan Pasar.

Hampir banyak orang,berjualan di online shop. Tidak tahu mekanisme berjualan secara benar,mereka berjualan dengan cara asal mendapatkan produk murah dan di jual kembali. Terutama kamu yang memang ingin merintis bisnis online shop,sebaiknya menghindari cara ini.

Untuk lebih amannya,kamu harus meriset terlebih dahulu,produk apa sih yang laris di pasaran. Kamu bisa melakukan riset tersebut,dengan cara online maupun offline.

  • Secara online : kamu bisa melakukan sebuh riset dengan menggunakan tools seperti google adword planner,facebook ads,atau menggunakan tools keyword planner atau ikutan forum jual beli atau grup online shop lainnya. Ingat grup yang isinya tips jual beli secara online.
  • Secara offline : Jika kamu masih ragu atau pun bingung dengan mekanisme riset secara online,kamu bisa melakukan riset secara offline. Kamu cukup jalan-jalan di sebuah pasar,mall atau semacamnya untuk mendapatkan referensi. Atau mungkin kamu bisa tanya-tanya pada kurir expedisi lho,barang apa saja yang laris di pasaran.

2. Membuat Akun Dan Toko di Shopee.

Setelah melakukan riset produk,dan sudah memilah-milah produk mana yang laris manis. Kini waktunya untuk membuat akun dan nama toko. Jika kamu hanya fokus pada satu produk,ya buat tokonya ya sesuai produk tersebut.

Ambil contoh,saya mau jualan jilbab,ya nama tokonya jadi adinda jilbab store. Atau jika kamu mengkombinasikan antara jilbab serta pakaian umumnya,ya kamu harus mengulik nama toko kamu supaya unik dan mudah dikenali. Contohnya Griya Adinda,atau gallery adinda.

3. Desain Toko,serta mengikuti program gratis ongkir dari shopee.

Setelah membuat akun serta toko,kini waktunya untuk melakukan desain toko,serta verifikasi akun. Supaya dapat subsidi gratis ongkir dari shopee. Lakukan desain toko yang menarik,isi diskripsi yang singkat padat serta mudah dimengerti semua orang.

Setelah mendesain toko,biasanya ada notifikasi dari shopee bahwa kamu harus berfoto bersama ktp elektronik. Supaya mendapatkan subsidi gratis ongkir,supaya apa ?. Supaya dapat mendongkrak penjualan,untuk menargetkan para calon pembeli,terutama dari luar pulau jawa yang bisanya terkendala dengan ongkir yang begitu mahal.

Nah jika kamu mengikuti program subsidi dari shopee,di jamin pembeli kamu banyak,terutama dari luar pulau jawa yang suka dengan harga produk murah serta gratis ongkos kirim.

4. Upload foto produk dan Menjelaskan Deskripsinya

Mengupload foto produk,kelihatannya sepele. Namun bisa berdampak dengan penjualan. Usahakan mengupload foto secara real,dan jangan terlalu mengutamakan fitur beauti kamera atau kamera jahat.

Biasanya sering tuh,terutama yang jualan jilbab. Memfoto produk warna merah,eh jadinya merah muda (pink). Kan nantinya banyak pertanyaan dari calon pembeli.

Dan usahakan membuat deskripsi produk secara detail,jualan apa,bahannya,ukuran,berat,jumlah produk,serta ekstimasi pelayanan dan pengiriman.

5. Sering melakukan promosi

Bagi orang yang pertama jualan di shopee mungkin susah ya,untuk berjualan. Dan yang terpenting,biasanya marketplace membuat sebuah alogaritma atau peraturan tertentu. Jika jualan kamu pengen laris,biasanya ada fitur promosi. Itu kebijakan yang di berlakukan oleh marketplace untuk orang ingin berjualan di sana. Usahakan promosi terus ya,dan jangan lupa saling follow untuk mendapatkan inpirasi dari penjual lainnya.

6. Menjawab Semua Pertanyaan Calon Pembeli

Mungkin kelihatannya sepele dan mudah bagi kamu,menjawab pertanyaan calon pembeli. Usahakan ramah untuk menjawab pertanyaan,memang calon pembeli biasanya sukanya aneh-aneh.

Seperti menego barang,ready stok apa tidak,gratis ongkir tidak,dan masih banyak pertanyaan anehnya.

7. Cek Produk Dan Packing Produk

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli,biasanya pembeli akan memutuskan untuk membeli apa tidak. Jika pembeli sudah membeli dan mentransfer serta sudah di verifikasi oleh pihak shopee.

Kini waktunya cek kembali produk,apakah ada stock,produknya cacat apa tidak,cek produk yang di minta ada apa tidak (biasanya warna produk). Setelah selesai,packinglah produk dengan rapi dan menarik,agar nantinya mempengaruhi minat pembeli,untuk berlangganan di toko kamu.

8. Beri Kabar Pembeli Jadwal Pengiriman Barang

Setelah selesai mempacking,kini waktunya untuk mengirim barang ke pihak kurir ekspedisi. Oh iya,cek kembali ya nama penerima,alamatnya,nomor telepon serta jasa kurir yang dipilih oleh pembeli. Jika salah pilih kurir ekspedisi,nanti akan mempengaruhi penilaian dan mungkin duit susah cair lho.

Dan jangan lupa,memberitahu pembeli barang sudah dikirim dan memberikan nomor pelacaknya.

9. Mintalah Testimoni,Serta Pendapat Mereka.

Jika barang sudah sampai diterima oleh pembeli,kini waktunya untuk meminta testimoni serta pendapat mereka,akan produk kamu. Mintalah secara sopan dan jangan memaksa ya.

10.Tunggu Proses Pencairan Dana

Jika tahap-tahap diatas sudah kamu lalui,kini waktunya untuk proses pencairan dana dari shopee. Tunggu notifikasi lanjutnya,dan uang akan masuk di dompet shopee,dan langsung bisa di cairkan lewat rekening bank kamu. (proses bisa 1×24 jam atau mungkin lebih)

11. Ikuti Sebuah Komunitas Atau Seminar.

Ikutilah sebuah komunitas atau seminar seperti kampus shopee roadshow. Dan sharing bersam komunitas penjual di dalam kota atau forum lainnya.

Terima kasih semoga bermanfaat,jangan lupa share ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =