Musim Liburan,Online Travel Booking di Indonesia Untung Tembus Rp 33 Miliar

Trend online travel di Indonesia secara mengejutkan terus meningkat. Dari yang mulanya traveling secara konvensional, orang Indonesia kini mulai mengubah kebiasaan untuk mem-booking hotel dan tiket perjalanan secara online.

Hal ini diperkuat dengan data dari Statistik yang menyebut total pendapatan segmen online travel booking di Indonesia hingga September 2017 mencapai US$ 2,417 juta atau sekitar Rp 33 miliar.

Tren ini diprediksi akan terus meningkat, di mana segmen pasar terbesar adalah pemesanan hotel dengan volume pasar US$ 1,818 juta atau sekitar Rp 24 miliar pada 2017.

Baca Juga : Cara Membuat Situs Booking Dengan Woocommerce Booking & Appointment

“Seiring semakin dekatnya masa liburan Natal dan tahun baru, kami melihat adanya peningkatan jumlah pemesanan hotel. Namun, peningkatan di akhir tahun ini tidak sebesar jumlah pemesanan di masa liburan Idul Fitri lalu,” kata Nitha Sudewo, Chief Operating Officer Mister Aladin dalam keterangannya, Rabu (20/12/2017) di Jakarta.

Meskipun terjadi penurunan, Nitha menjelaskan, perusahaan melihat adanya perubahan tren masyarakat yang melakukan pemesanan hotel dalam negeri di mana mulai banyak memesan hotel di luar kota-kota besar, seperti Lombok, Puncak, Bangka Belitung, dan Batam.

“Peningkatan pemesanan untuk di destinasi-destinasi ini adalah sebesar 40 persen. Tahun ini kami melihat adanya perubahan tren liburan masyarakat yang sudah lebih banyak mengunjungi Jepang, Eropa, dan Australia,” ujar Nitha menambahkan.

Oleh karena itu, untuk menjawab tren ini, Mister Aladin melengkapi inventaris hotel di destinasi-destinasi tersebut mulai kuartal keempat (Q4) tahun ini. Destinasi-destinasi terbaru antara lain Jepang, China, Korea Selatan, Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, dan Australia.

“Dari seluruh pemesanan untuk masa liburan tahun baru, tercatat 37 persen dari total pemesanan hotel luar negeri adalah untuk hotel-hotel di destinasi baru tersebut. Dari sini, kami melihat adanya potensi pertumbuhan lebih lanjut pada 2018 karena tren liburan terus mengarah ke destinasi-destinasi baru itu,” tuturnya.

1 Comment

  1. Hey there would you mind letting me know which webhost you’re
    utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I
    must say this blog loads a lot quicker then most. Can you suggest a good web hosting provider at a reasonable price?
    Kudos, I appreciate it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =