Cara Meningkatkan Pengunjung Website WordPress

Memiliki website atau blog memanglah menjadi kebangaan tersendiri,tahukah kamu setiap website atau blog tidak mempunyai platform yang sama,jadi setiap website atau blog pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada kesempatan kali ini,seo dulu mau berbagi tips nih,Cara Meningkatkan SEO Webiste WordPress

KENAPA SEO HARUS DI OPTIMALKAN PADA WEBSITE KITA?

SEO sangatlah penting untuk meningkatkan pengunjung bagi website maupun blog, karena dengan SEO yang optimal dan tentunya maksimal maka akan sangat berpengaruh dengan bisnis yang kita jalankan melalui dunia online, Orang tidak akan pernah tau bisnis kita, produk kita jika website kita tidak pernah dikunjungi. Untuk memperkenalkan blog atau website kita selain blog walking dan promosi di media social jalan utama untuk masuk ke blog atau website kita adalah melalui Search engine, jadi kita harus mengoptimalkan website kita biar terpampang di search engine sehingga orang akan dengan sendirinya mengunjungi blog atau website kita.

Dengan mengoptimasi SEO maka Anda akan mendapatkan trafik kunjungan dari mesin pencari secara gratis dan ini tentu akan menjadi cara yang akan menghasilkan pengunjung dalam jangka panjang berbeda dengan saat Anda melakukan kampanye pemasaran dengan beriklan yang dimana Anda akan mengalami penurunan pengunjung saat program iklan yang Anda jalankan berakhir. Dan mari kita simak tips dan trik sederhana dibawah ini untuk meningkatkan SEO blog atau website WordPress Anda.

BAGAIMANA MENGOPTIMALKAN SEO PADA WEBSITE WORDPRESS?

1. Ingat Konten adalah Raja, jadi buatlah konten yang menarik, jelas dan mudah dipahami, orang datang ke website kita adalah untuk mencari jawaban dari pertanyaannya di mesin pencari, jadi jika konten kita menarik dan sesuai yang diharapkan si pengunjung maka pengunjung itu akan merasa senang dan website kita bisa menjadi referensi bagi si pengunjung. Buatlah konten yang detail dan artikel yang memenuhi standart SEO seperti menulis konten yang setidaknya minimal 600 kata. dan jangan lupa selalu update konten yang menarik dan memberi solusi bagi pengunjung.

2. Optimalkan Konten dengan Keyword, percuma juga jika kita membuat konten yang bagus tapi tidak terbaca oleh mesin pencari, maka dari itu optimalkan konten anda sehingga mudah ter indek di mesin pencari dan mendapatkan peringkat di halaman pertama. Masukkan kata kunci di artikel Anda dan jangan lupa jika Anda menggunakan tag h2 atau h3 selalu sertakan juga kata kunci di dalamnya.

3. Desain website, buatlah website anda yang menarik dan juga responsif, sehingga pengunjung tidak bosan dan senang membaca artikel anda, tata layout website anda dengan menarik, dengan font yang enak dibaca. untuk responsif itu sangat penting, karena zaman sekarang ini banyak sekali pengunjung yang browsing menggunakan smartphone, jadi buatlah website anda otomatis menyesuainkan dengan device dari setiap pengunjung sehingga pengunjung merasa nyaman mengakses website anda. jika anda membutuhkan template WordPress yang responsif dan SEO friendly tidak usah bingung karena di centerklik sudah banyak sekali template website yang responsif dan tentunya dengan desain yang sangat bagus dan gratis, silahkan lihat Kumpulan Template Gratis WordPress Responsive Best Desain.

4. Optimalkan SEO pada gambar, Jika diwebsite anda menggunakan gambar untuk mempercantik konten, maka jangan lupa mengoptimalkan SEO pada gambar tersebut, untuk mengoptimalkan SEO pada gambar gunakan plugins WordPress SEO Friendly Image. Gambar juga merupakan salah satu sumber datangnya trafik selain konten. Karena juga banyak orang menggunakan pencarian gambar melalui mesin pencari. Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin tersebut, Anda bisa selalu mengisi manual pada tag “alt” dan “description” setiap mengupload dan menggunakan gambar untuk disertakan dalam artikel Anda.

5. Buat Sitemaps xml pada website anda dan submit sitemap.xml website anda ke Google webmastertool dan Bing webmastertool, sehingga url website anda akan terdaftar di mesin pencarian Google dan Bing. Dengan cara ini mesin pencari akan lebih mudah dalam merayapi situs Anda dan akan mendapatkan index yang lebih cepat.

6. Buat permalink website wordpress anda yang SEO Friendly, permalink atau URL yang cantik terbukti ampuh dalam persaingan di peringkat hasil pencarian, dan pada bagian ini jangan lupa untuk juga selalu masukkan kata kunci pada URL karena URL selalu dibaca oleh mesin pencari dalam menemukan artikel.

7. Buat nama domain website anda dari non-www ke www atau sebaliknya, pilih salah satu. karena untuk menghidari duplicate konten dengan cara memasukkan script dibawah ini ke .htaccess. Atau juga bisa Anda membeli nama domain yang mengandung kata kunci yang Anda bidik.

1
2
3
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^centerklik.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ https://www.centerklik.com/$1 [L,R=301]

8. Optimalkan konten dengan Judul H1 dan untuk subjudul H2-H3, karena mesin pencari google sangat senang dengan konten seperti ini. Dengan cara ini menjadikan google lebih memahami konten yang terstruktur dan lebih jelas. Konten dengan tag yang jelas akan diutamakan oleh google untuk ditampilkan di halaman pertama.

9. Gunakan Share Social Networking di website dan konten anda, sehingga dengan mudah website anda dapat di share di berbagai macam media sosial untuk mempromosikan maupun membagikan artikel yang anda buat.

10. Gunakan Plugin All in one SEO atau WordPress SEO Yoast di WordPress anda, plugin ini terbukti ampuh dalam meningkatkan SEO pada wordpress.

11. Buat External dan Internal Linking

membantu meningkatkan skor SEO website Anda. Coba lakukan internal linking ke halaman lain dalam website Anda dan buat para pengunjung menikmati alur konten yang Anda miliki. Cara ini akan mengurangi bounce rate dan mempermudah pengunjung melihat halaman lain sesuai informasi yang mereka cari.

Apabila website Anda masih baru dan belum memiliki banyak konten, Anda dapat memanfaatkan tautan ke blog atau website lain yang mendukung informasi di website Anda. Cara inilah yang disebut dengan External Linking.

Tentu saja, kami sangat merekomendasikan agar Anda hanya menggunakan referensi blog/website yang terpercaya. Mengapa harus terpercaya? Google lebih menyukai website kaya informasi dan tidak menyesatkan para pengguna. Jadi, semakin terpercaya informasi dalam website Anda, performanya akan semakin baik.

12.  Tingkatkan Kecepatan Akses Website

Kecepatan adalah aspek yang dapat secara signifikan mempengaruhi posisi website Anda di search engine. Bayangkan jika website Anda tampil dengan loading cukup lama. Kemungkinan besar, pengunjung akan segera meninggalkan website Anda tanpa basa-basi.

Hal ini tentu berimbas buruk pada konversi dan reputasi website Anda. Jangankan meningkatkan jumlah pelanggan, pengunjung yang sekedar melihat-lihat pun bisa kabur dan malah menuju website lain.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya memperbarui versi WordPress, menghapus plugin yang tidak berguna, optimasi database, hingga memilih tema yang tepat.

13. Hindari Broken Link 

 Google selalu mengutamakan konten berkualitas. Salah satu indikasinya adalah website Anda terbebas dari broken link.

Broken link bisa jadi sangat menjengkelkan. Bayangkan Anda berkunjung ke suatu website untuk mendapatkan informasi namun malah menemukan halaman Error 404. Mengecewakan, bukan? Tidakkah Anda ingin cepat-cepat berpindah ke website lain yang menyediakan informasi serupa? Inilah yang juga dirasakan oleh para pengunjung ketika menemukan halaman 404 di website Anda.

Halaman 404 juga dapat mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari Google. Bagaimana bisa? Ketika Google mengindeks halaman website Anda, mereka akan melakukan berbagai macam penilaian termasuk konten dan kata kunci. Adanya halaman 404 akan membuat Google memberikan penilaian buruk, yang berakibat pada sulit munculnya website Anda di mesin pencari.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya Anda tidak perlu mencari satu per satu secara manual. Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tools. Instal dan gunakan tool ini untuk memperoleh link mana saja yang harus Anda perbaiki.

14. Pasang Snippet di WordPress Anda

Penggunaan Rich Snippet dapat membuat website Anda terlihat lebih unik, jika dibandingkan hasil pencarian lain di mesin pencari. Tampilan ini dapat berpengaruh pada meningkatnya pengunjung berkualitas yang masuk ke website Anda. Bagimana bisa? Hal ini dikarenakan para pengunjung melihat informasi tambahan yang relevan mengenai website Anda terlebih dahulu di halaman mesin pencari. Dalam jangka panjang, tingkat kepercayaan mereka terhadap website layanan Anda akan meningkat lebih pesat. Tidak hanya itu saja, performa SEO Anda di mesin pencari Google pun juga akan meningkat.

15. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Selalu pertimbangkan kata kunci sebelum Anda membuat konten. Anda dapat memanfaatkan bantuan tool seperti Keyword Planner dan KeywordTool.io guna menemukan kata kunci yang relevan terkait pencarian yang paling banyak dilakukan pengguna internet.

Menariknya lagi, tool ini bahkan tersedia gratis untuk Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan kata kunci dalam konten yang relevan. Penggunaan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan jumlah visitor yang berkunjung ke website Anda!

16. Backlink Berkualitas

Backlink dapat membantu meningkatkan traffic serta kepercayaan pelanggan terhadap website Anda. Semakin banyak halaman website Anda direkomendasikan oleh blog maupun website lain, tentu website Anda akan semakin dikenal. Popularitas inilah yang nantinya dijadikan salah satu tolok ukur Google dalam menampilkan website Anda di halaman pertama.

Untuk mendapatkan backlink dari website lain, pertama-tama Anda harus memiliki konten yang baik dan memberikan manfaat bagi banyak orang terlebih dahulu. Jika Anda sudah memenuhi kriteria ini, besar kemungkinan para pemilik blog/website lain tertarik memasang konten serta backlink menuju ke website Anda di website mereka.

Di samping itu, Anda dapat berjejaring dengan website lain yang memiliki topik serupa dengan website Anda. Kemiripan tema atau topik website, ditambah faktor kedekatan relasi, dapat mendorong pemilik website lain agar tertarik menampilkan konten yang Anda miliki. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai relasi dengan baik, misalnya memberi komentar di postingan media sosial mereka, berdiskusi di postingan blog, maupun menghubungi mereka secara pribadi.

17. Hindari Duplikat Konten

Duplikat konten berarti adanya dua atau lebih halaman website/blog yang memiliki title maupun meta deskripsi sama dalam sebuah website. Permasalahannya, duplikat konten akan membuat Google kesulitan menentukan halaman mana yang akan diindeks.

Tidak hanya itu saja, duplikat konten juga dapat terjadi ketika terdapat dua website berbeda namun memiliki konten yang sama. Karenanya, kami sangat tidak merekomendasikan Anda melakukan copy-paste dari blog atau website manapun.

Duplikat konten sebenarnya dapat dihindari ketika Anda mulai membuat artikel. Anda tidak disarankan untuk menggunakan title serta meta description yang sama.

18. Manfaatkan Meta Description

Hasil pencarian akan muncul pada layar segera setelah Anda mengetikkan kata kunci pada Google. Di bagian ini, paragraf deskripsi – atau sering disebut meta description– yang menarik dapat memancing pengguna mengunjungi website Anda. Bahkan, hal ini dapat meningkatkan kunjungan pada website melebihi website peringkat pertama di mesin pencari!

Kami sangat merekomendasikan penggunaan deskripsi lengkap untuk menjelaskan suatu halaman. Namun ingat, deskripsi ini harus selalu relevan dengan konten yang Anda miliki. Semakin meta description konten Anda relevan & berkualitas, (ditandai dengan adanya kata kunci terkait), semakin besar kemungkinan website Anda ditampilkan pada peringkat pertama Google.

 

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah,setiap orang berhak memiliki teknik seo masing-masing,tergantung dari cara pandang mereka sendiri,untuk para pengguna baru wordpress. Sebaiknya terus belajar,supaya dapat pengalaman menarik.

9 Comments

  1. Nice post. I used to be checking constantly this weblog and I am inspired!
    Extremely helpful information specially the last part 🙂 I handle such info a
    lot. I used to be seeking this particular info for
    a very long time. Thank you and good luck.

  2. Hey! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you
    using for this website? I’m getting tired of WordPress because I’ve had problems
    with hackers and I’m looking at alternatives for another platform.
    I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

    1. thank you for visiting.

      Indeed wordpress cms are usually exposed to hacker attacks. But if we are smart, use the original plugin and plugin defender is enough, and do not forget to backup it.

  3. Hey there! This is kind of off topic but I need some
    help from an established blog. Is it hard to set up your own blog?
    I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast.

    I’m thinking about making my own but I’m not sure where
    to start. Do you have any points or suggestions?

    Appreciate it

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =